Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Perempat Final French Open 2023, Siapa Wakil Indonesia ke Semifinal?

Anthony Sinisuka Ginting akan menghadapi Li Shi Feng asal China di babak perempat final French Open 2023 yang digelar di Glaz Arena.
Anthony Sinisuka Ginting, pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, berhasil melaju ke babak perempat final French Open 2023/ @INABadminton
Anthony Sinisuka Ginting, pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, berhasil melaju ke babak perempat final French Open 2023/ @INABadminton

Bagas/Fikri dan The Daddies Susul Fajri ke Perempat Final French Open 2023

Ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri mempertahankan tren positif permainan mereka hingga mencapai babak perempat final French Open 2023, usai mengalahkan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, Kamis malam waktu Rennes.

Pasangan juara All England 2022 tersebut menundukkan Hoki/Kobayashi dengan dua gim langsung 21-14, 23-21 dalam pertandingan berdurasi 37 menit di Glaz Arena.

"Kami senang sekali bisa menang lawan Hoki/Kobayashi hari ini. Permainan tadi kami cukup mendominasi dari awal sampai akhir hanya memang di gim kedua akhir mereka sempat mengubah pola dengan banyak mengangkat bola," tutur Fikri melalui informasi resmi PP PBSI di Jakarta, Jumat.

Fikri mengatakan, perubahan pola lawan pada gim kedua sangat menguras tenaganya dan Bagas dalam memberikan pengembalian. Namun berkat pertahanan yang solid, Bagas/Fikri mampu keluar dari situasi kritis dan berbalik mematahkan pola lawan lalu merebut kemenangan.

"Mereka berusaha menjauhkan (kok) dari jangkauan kami, itu lumayan menguras stamina. Itu yang membuat kami agak kendur. Beruntung kami masih bisa melewati situasi kritis itu," imbuh Fikri.

Kemenangan tersebut tak hanya memperpanjang langkah pasangan berjuluk The Bakri pada turnamen berkategori BWF Super 750 itu, namun juga menciptakan skor imbang 3-3 dalam catatan pertemuannya kontra ganda putra asal Jepang tersebut.

Dari enam laga yang pernah dimainkan kontra Hoki/Kobayashi, duo Indonesia pun mendapat ilmu baru sebagai siasat untuk mengalahkan Hoki/Kobayashi pada kesempatan pertemuan selanjutnya.

"Kami memang harus mengontrol permainan depan, harus sangat memegang zona depannya kalau mau menang melawan mereka. Tadi baik saya maupun Bagas berhasil menguasai itu," ujar Fikri.

"Kami percaya diri saja dengan kemampuan kami sebagai pasangan, komunikasi juga dijaga. Itu membuat bisa lebih tenang di saat setting poin tadi," kata Bagas menambahkan.

Dengan kemenangan tersebut, maka Bagas/Fikri juga menyusul dua ganda putra Indonesia lainnya ke babak perempat final. Dua pasangan yang lebih dulu mengamankan posisinya ialah unggulan pertama Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, serta Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

The Daddies Singkirkan Ganda Nomor Satu Dunia

Ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menundukkan pasangan peringkat satu dunia Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dalam pertarungan tiga gim 25-23, 19-21, 21-19, untuk mengamankan tiket perempat final French Open 2023, Kamis malam waktu Rennes, Prancis.

Pasangan berjuluk The Daddies itu melakoni laga ketat sejak awal pertandingan babak 16 besar tersebut. Beruntung mereka bisa membungkam ganda putra asal India itu setelah berjuang selama 54 menit di Glaz Arena.

"Pertama alhamdulillah hari ini diberikan kemenangan. Pertandingan yang menguras tenaga, pikiran, dan emosi. Mereka adalah pasangan peringkat satu dunia dan baru juara Asian Games jadi kami bersyukur bisa mengalahkan mereka," tutur Ahsan melalui informasi resmi PP PBSI di Jakarta, Jumat.

Gim pertama berlangsung alot bagi kedua pasangan yang diwarnai kejar mengejar poin pada awal dan penghujung gim pertama.

Hendra/Ahsan yang sempat unggul dengan skor 18-13, harus terkejar oleh duo India yang mampu menyamakan kedudukan. Hendra/Ahsan terlihat cukup tegang ketika lawan mampu merebut keunggulan pada gim poin 2021.

Namun Hendra/Ahsan mencoba untuk lebih tenang dan akhirnya mampu merebut keunggulan awal meski lagi-lagi terlibat kejar mengejar poin.

"Kami bermain sabar, bermain panjang dulu lalu ketika ada kesempatan baru melakukan serangan dengan variasi smes atau penempatan bola," Hendra menceritakan.

Perseteruan ketat kembali lagi pada gim kedua. The Daddies awalnya terlihat bermain ngotot pada awal gim, namun setelah Satwiksairaj/Chirag merebut keunggulan, duo Indonesia kesulitan untuk membalikkan keadaan.

Hendra/Ahsan masih tak mau mengalah pada lawan dan terus menempel ketat hingga akhir gim kedua. Usaha Hendra/Ahsan tak membuahkan hasil positif, sehingga terpaksa memainkan gim ketiga.

"Setelah kehilangan gim kedua, kami coba enjoy lagi di gim ketiga. Kalau kami terus memikirkan itu, kami tidak bisa fokus lagi di gim penentuan. Kami juga merasa masih ada kesempatan untuk menang, lawan pun kelihatannya mainnya kurang nyaman," Ahsan menjelaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper