Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaesang Diusulkan Jadi Ketua Komite Pemilihan, Erick Thohir Caketum PSSI

Nama Kaesang diusulkan menjadi Ketua Komite Pemilihan dalam KLB PSSI 2023. Sementara Erick Thohir jadi kandidat kuat Ketum PSSI.
Erick Thohir dan Kaesang Pangarep, pemilik saham Persis Solo berfoto bersama dengan seragam klub. /Instagram
Erick Thohir dan Kaesang Pangarep, pemilik saham Persis Solo berfoto bersama dengan seragam klub. /Instagram

Bisnis.com, JAKARTA -- Persebaya Surabaya mengusulkan nama Kaesang Pangarep sebagai Ketua Komite Pemilihan dalam Kongres Luar Biasa PSSI 2023.

Kongres Luar Biasa atau KLB PSSI akan berlangsung pada 16 Februari 2023. Salah satu agenda dalam KLB tersebut adalah pemilihan Ketua Umum PSSI.

Adapun usulan itu mengenai Kaesang ditandatangani langsung oleh Direktur Persebaya Candra Wahyudi. Candra dalam surat yang diunggah di Instagram resmi Persebaya mengatakan bahwa Kaesang dianggap sebagai layak untuk mengemban posisi tersebut demi masa depan sepak bola Indonesia yang lebih baik.

"Kami juga yakin sosoknya akan mampu mengawal proses penjaringan dan pemilihan sosok calon ketua umum, wakil ketua umum, damm dengan baik dan berkualitas," tulis Candra dikutip dari laman resmi Persebaya, Minggu (15/1/2023).

Kaesang sendiri bukan orang baru dalam industri sepak bola di Indonesia. Dia saat ini mengelola klub di tanah kelahirannya, Persis Solo."Persebaya percaya dengan Kaesang sebagai Ketua Komite Pemilihan dapat mengawal seluruh tahap pemilihan."

Calon Ketum PSSI

Ketum PSSI Mochammad Iriawan alias Iwan Bule mengaku dirinya tak lagi maju sebagai kandidat. Hal ini muncul salah satunya karena adanya desakan mundur akibat tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada 1 Oktober 2022 lalu.

Mundurnya Iwan Bule ini membuat beberapa nama yang getol di dunia sepak bola muncul untuk bersaing menduduki kursi nomor satu PSSI.

Beberapa nama pun akhirnya muncul di bursa calon Ketum PSSI 2023.

La Nyalla Mattalitti

Secara mengejutkan, La Nyalla siap mendaftar sebagai calon Ketua Umum PSSI 2023. Ia yang sempat menjadi Ketum PSSI pada 2015 lalu itu mengumumkan telah mendapat dukungan dari beberapa pihak untuk maju.

Apabila ini terjadi, potensi rangkap jabatan pun disinyalir ada. Pasalnya La Nyalla kini masih menjadi Ketua DPD RI.

Erick Thohir

Majunya La Nyalla ini juga sempat membuat beberapa voters menyinggung Erick Thohir, Menteri BUMN tersebut turut diisukan masuk ke dalam bursa Calon Ketum PSSI 2023-2027.

Meskipun di pihak Erick Thohir pun belum memberikan keterangannya secara resmi. Beberapa voters, menunjuk Erick yang dinilai layak untuk memperbaiki PSSI.

Maruarar Sirait

Nama lain yang muncul dalam bursa PSSI yakni Maruarar Sirait. Ia dikenal sebagai sebagai suksesor Iwan Bule di dunia sepak bola.

Beberapa voters mendukung Maruarar Sirait karena kompetensinya dalam menjalankan Piala Presiden edisi 2017, 2018, dan 2019.

Meskipun begitu, Maruarar juga belum memberikan pernyataan resmi terkait pencatutan namanya dalam bursa Calon Ketum PSSI 2023-2027 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukman Nur Hakim
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper