Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjelasan Gol Kontroversial Jepang yang Bikin Lolos ke Babak 16 Besar

FIFA menjelaskan alasan disahkannya gol kontroversial yang membawa Jepang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 saat melawan Spanyol.
Timnas Jepang di Piala Dunia 2022/FIFA
Timnas Jepang di Piala Dunia 2022/FIFA

Bisnis.com, JAKARTA - Jepang berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Spanyol dengan skor 2-1. Penentu kemenangan Jepang adalah gol dari Ao Tanaka yang kontroversial.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Internasional Khalifa, Jumat (2/12/2022) pukul 02.00 WIB itu, Jepang awalnya tertinggal 0-1 di babak pertama akibat gol Alvaro Morata.

Jepang kemudian tampil sangat berbeda pada babak kedua. Jepang sukses menyamakan kedudukan lewat gol Ritsu Doan. Jepang kemudian berbalik unggul pada menit ke-51 lewat gol Ao Tanaka memanfaatkan umpan dari Kaoru Mitoma.

Gol tersebut pada awalnya dianulir karena bola dianggap telah keluar dari permainan sebelum Kaoru Mitoma mengirimkan umpan. Secara kasat mata, tampaknya wasit yang memimpin jalannya laga Victor Gomes beserta asistennya telah mengambil keputusan yang tepat ketika menganulir gol tersebut.

Namun, setelah pemeriksaan VAR yang panjang, ofisial mengesahkan gol tersebut. Disimpulkan bahwa Kaoru Mitoma telah menjaga bola dalam permainan sebelum Ao Tanaka memasukkan bola ke gawang.

Seperti dilansir The Mirror, FIFA telah menjelaskan keputusan tersebut diambil berdasarkan hukum yang menyatakan bahwa bola dalam permainan jika kelengkungan bola melewati garis. Namun, berdasarkan satu sudut kamera secara khusus, tampak bahwa bola belum keluar dari permainan.

Berdasarkan tayangan ulangnya, bagian bawah bola memang tampak sudah keluar garis. Namun, pandangan udara terlihat bola mungkin akan tetap dimainkan dalam hitungan milimeter.

Wasit yang bertugas di ruang VAR, Peter Walton mengatakan bahwa teknologi garis gawang dan VAR telah tepat. Meskipun, pada saat gol Jepang dianulir, wasit yang bertugas di lapangan juga tepat. "Keputusan wasit [menganulir gol] itu diambil saat ia tidak tahu lengkungan bola melewati garis," ujarnya dikutip dari The Mirror pada Jumat (2/12/2022).

Dengan disahkannya gol tersebut, Jepang akhirnya meraih kemenangan secara dramatis dari Spanyol. Jepang pun melenggang ke babak 16 besar dengan duduk sebagai pemimpin klasemen. Jepang meraih poin 6 hasil kemenanganya melawan tim kuat Jerman dan Spanyol.

Pada babak 16 besar Tim Samurai Biru akan menghadapi klasemen kedua Grup F yakni Kroasia. Pertandingan Jepang vs Kroasia akan berlangsung pada Senin (5/12/2022) di Al Janoub Stadium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper