Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Temui PT LIB, Menpora Akan Upayakan Polri Restui Liga 1 Dilanjutkan

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali akan menemui Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk membahas izin Liga 1 2022-2023.
Manpora Zainudin Amali/Bisnis-Akbar
Manpora Zainudin Amali/Bisnis-Akbar

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali akan menemui Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk membahas izin Liga 1 2022-2023.

Menpora Zainudin Amali usai menggelar pertemuan dengan PT LIB selaku operator Liga 1 2022-2023 di Gedung Kemenpora, Jakarta, Jumat (18/11/2022).

Dalam pertemuan itu, Zainudin Amali mengatakan dirinya akan berdiskusi dengan pihak kepolisian agar izin melanjutkan kompetisi Liga 1 bisa dikantongi.

"Saya akan berdiskusi dengan Kapolri karena Polri yang mempunyai kewenangan untuk mengeluarkan izin keramaian," ujar Menpora Zainudin Amali usai pertemuan PT LIB

Zainudin Amali mengatakan akan membawa hasil pertemuan dengan LIB tersebut saat berbincang dengan Kapolri.
Salah satunya adalah mengenai pentingnya liga, baik Liga 1, 2 maupun 3, bergulir kembali demi kepentingan tim nasional Indonesia.

Kompetisi dinilai perlu bergulir agar para pemain timnas Indonesia dapat terus mengasah kemampuannya. Apalagi, Indonesia akan berpartisipasi pada banyak turnamen besar seperti Piala AFF 2022, Piala Asia 2023, Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023.

"Pemerintah sangat memahami apa yang disampaikan oleh PT LIB. Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong ingin para pemain terjaga performanya. Kami akan mengusahakan bagaimana kompetisi ini bisa berjalan kembali tentu dengan perubahan-perubahan yang mendasar," kata Menpora Zainudin Amali.

Sementara Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus menegaskan bahwa pihaknya bergerak cepat demi melanjutkan kembali Liga 1 yang terhenti sejak awal Oktober 2022 akibat tragedi Kanjuruhan di Malang.

Ferry memastikan PT LIB sudah membuat beberapa simulasi terkait lanjutan Liga 1 meski sampai saat ini belum dapat diketahui kapan kompetisi akan bergulir lagi.

Belum ditentukan pula format Liga 1 apakah kandang-tandang seperti biasa atau kembali memakai format gelembung (bubble) seperti pada musim 2021-2022. Semua itu, tutur Ferry, bergantung dari izin yang diberikan oleh pemerintah.

"Dimulainya kembali liga berhubungan dengan beberapa hal termasuk regulasi keamanan stadion, sehingga diperlukan pendalaman serius dan ketat," tutur Ferry.

Sebelumnya, LIB sempat menyatakan bahwa mereka mempunyai tiga rencana tanggal dilangsungkannya kembali Liga 1 yaitu 18 November, 25 November, dan 2 Desember 2022.

Namun, seiring waktu, LIB lebih condong memilih 2 Desember 2022 sebagai tanggal pelaksanaan kembali Liga 1 Indonesia 2022-2023, apabila sudah mendapat izin dari pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper