Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Timnas Wales Pertimbangkan Ganti Nama Jadi Cymru Usai Piala Dunia 2022

Federasi Sepak Bola Wales (FAW) mengungkap rencana mengganti nama timnas Wales menjadi Cymru selepas gelaran Piala Dunia 2022.
Gareth Bale dalam balutan jersey Timnas Wales/Reuters-Sergio Perez
Gareth Bale dalam balutan jersey Timnas Wales/Reuters-Sergio Perez

Bisnis.com, JAKARTA - Federasi Sepak Bola Wales (FAW) mengungkap rencana mengganti nama timnas Wales menjadi Cymru selepas gelaran Piala Dunia 2022.

FAW tengah mempertimbangkan perubahan nama bagi tim nasional Wales di panggung internasional setelah Piala Dunia 2022 Qatar.

FAW mengatakan bahwa nama Cymru jauh lebih dikenal dibandingkan dengan Wales di dalam negeri.

Cymru merupakan nama asli Wales dalam bahasa setempat. Selain itu, nama tersebut juga lebih sering digunakan dalam komunikasi internal dan eksternal FAW.

Namun, sejak memulai kompetisi di berbagai turnamen pada 1876, para penggemar luar negeri lebih sering menyebut mereka sebagai timnas Wales.

FAW berencana untuk berbicara kepada para pemangku kepentingan di sepak bola dalam negeri mengenai manfaat dari mengubah nama negara mereka di kompetisi internasional.

Mereka juga telah mengadakan diskusi informal dengan konfederasi sepak bola Eropa atau UEFA tentang rencana pergantian nama ini.

Chief Executive FAW, Noel Mooney, menjelaskan bahwa perubahan nama tersebut penting dilakukan.

Menurut Mooney, hal itu karena timnas Wales lebih sering menggunakan nama Cymru sebagai panggilan.

"Tim ini harus selalu dipanggil Cymru, begitulah kami menyebutnya di sini. Pandangan kami saat ini adalah di dalam negeri kami sudah jelas menyebutnya Cymru. Itulah sebutan untuk timnas kami," kata Noel Mooney dilansir dari Mirror.

Mooney menambahkan, langkah untuk mengganti nama timnas Wales di pentas internasional tak bisa ditempuh dalam waktu singkat.

Sehingga, lanjut Mooney, perubahan nama akan dibahas lebih lanjut setelah Piala Dunia 2022 yang akan bergulir pada 21 November mendatang.

"Jika kalian melihat situs (federasi sepak bola) kami, bagaimana kami berbicara tentang diri kami, kami biasanya banyak menyebut Cymru. Secara internasional, memang ada upaya yang harus dilakukan, sehingga kami akan pergi ke Piala Dunia 2022 dengan nama Wales," tutur Mooney.

Tahun 2023 akan menjadi periode yang bagus untuk memulai diskusi dengan banyak pihak, seperti dari Pemerintah, direksi FAW, dan badan pengambil keputusan, serta staf, klub-klub, hingga para pemain.

Diskusi ini penting bagi FAW sebelum mengambil keputusan untuk mengganti nama Wakes menjadi Cymru.

"Kami adalah organisasi demokratis dan tidak hanya sepihak dalam mengambil keputusan. Saya hanya akan mengatakan ini adalah arah yang ingin dituju, tetapi belum ada keputusan resmi. Kami sedang bergerak ke sana,” ujar Mooney.

Keinginan mengganti nama dari Wales menjadi Cymru di pentas global, disebut-sebut terinspirasi dari Turki yang saat ini dikenal dengan sebutan Turkiye.

Upaya itu dilakukan setelah pemerintah Turki memutuskan menggunakan ejaan nasional dan bukan versi bahasa Inggris.

Pada Piala Dunia 2022, timnas Wales akan berada di Grup B bersama dengan Inggris, Iran, dan Amerika Serikat.

Ini merupakan kiprah kedua tim berjulukan Si Naga di turnamen paling bergengsi FIFA setelah pertama kali lolos pada Piala Dunia 1958.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper