Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Wales vs Inggris: Komentar Pelatih dan Susunan Pemain

Jadwal pertandingan Wales vs Inggris akan tersaji pada laga terakhir babak penyisihan Grup B Piala Dunia 2022 di Ahmad Bin Ali Stadium, Ar-Rayyan, Rabu.
Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate/UEFA.com
Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate/UEFA.com

Bisnis.com, JAKARTA - Jadwal pertandingan Wales vs Inggris akan tersaji pada laga terakhir babak penyisihan Grup B Piala Dunia 2022 di Ahmad Bin Ali Stadium, Ar-Rayyan, pada Rabu (30/11/2022), pukul 02.00 WIB.

Duel Wales vs Inggris ini merupakan laga penentuan langkah kedua tim untuk lolos ke babak 16 besar. 

Timnas Inggris asuhan Gareth Southgate berada di atas angin. Skuad Tiga Singa hanya butuh hasil imbang pada laga tersebut, sedangkan Wales butuh keajaiban. Gareth Bale butuh menang dengan margin minimal empat gol apabila ingin lolos ke fase gugur. 

Wales menduduki urutan buncit dalam Grup B dengan satu poin atau tiga poin di bawah Inggris. Si Naga, julukan timnas Wales, juga berselisih satu poin di bawah Iran dan dua poin di bawah  Amerika Serikat. Peluang lolos fase grup tetap ada meski sangat kecil.

 Jika Inggris mendapatkan satu poin saja dari laga melawan Wales, dan saat bersamaan salah satu dari Iran atau Amerika Serikat memenangkan pertandingan mereka, Wales otomatis pulang lebih awal dari Qatar. Sudah 64 tahun lamanya Wales menunggu masuk kembali putaran final Piala Dunia, tetapi kebobolan dua gol dari Iran membuat penantian mereka bisa berakhir begitu saja. 

Kekalahan terakhir itu membuat Wales tersungkur di dasar Grup B dan wajib mengalahkan mengalahkan Inggris yang hanya pernah 14 kali mereka kalahkan dari total 104 pertemuan di antara keduanya sejak 1879. Bahkan kemenangan mungkin tak cukup menyelamatkan Wales karena masih membutuhkan akhir seri dalam pertandingan Iran melawan Amerika Serikat.

Mengingat semua skenario yang dirasa terlalu berat itu, Wales kemungkinan hanya ingin fokus kepada cara meraih kemenangan pada laga terakhirnya. Tim asuhan Rob Page punya masalah lain. Sejak 1984, Wales tak pernah bisa mengalahkan Inggris.

Jika kemenangan semata menjadi tujuan, Wales bakal mengharapkan Gareth Bale mengeluarkan segala kemampuan terbaiknya seperti saat membuat gol penyama kedudukan ketika melawan Amerika Serikat. Namun, mantan pemain Real Madrid itu nyatanya tak bisa berbuat banyak saat menghadapi Iran.

Adapun Inggris berada dalam posisi yang jauh lebih nyaman dengan status pemimpin Grup B. Mereka menang besar 6-2 atas Iran tapi kemudian diimbangi 0-0 oleh tim muda Amerika Serikat. Manajer Gareth Southgate mungkin menurunkan kembali susunan sebelas pemain pertama yang sama seperti dengan dua pertandingan sebelumnya.

Tetapi ada baiknya dia mencoba komposisi baru, apalagi setelah ditahan seri 0-0 oleh Amerika itu. Jika langkah ini yang diambil Southgate, Jack Grealish dan striker Callum Wilson sebagai pemain-pemain yang pantas dimainkan sejak menit pertama. Dengan posisi di atas angin, tidak ada salahnya Southgate membuat formula baru mengingat risikonya juga sangat kecil.

Menyimpan tenaga striker Harry Kane untuk laga babak 16 besar juga menjadi pertimbangan di balik rotasi skuad. Peraih Sepatu Emas Piala Dunia 2018 yang belum mencetak gol dalam Piala Dunia 2022 ini perlu waktu lagi untuk memulihkan diri setelah mengalami cedera pergelangan kaki saat melawan Iran.

"Mungkin sudah waktunya mengistirahatkan dia (Kane) demi fase gugur nanti, dan firasat saya merasa Callum Wilson mungkin akan masuk menghadapi Wales," kata mantan bintang timnas Inggris Alan Shearer seperti dikutip Reuters.

"Lagipula Inggris perlu menyegarkan diri agar mendapatkan kembali faktor perasaan baik setelah hasil seri yang mengecewakan melawan AS, dan guna memulihkan sedikit kepercayaan diri," sambung Shearer.

Komentar Pelatih Wales dan Inggris:

Manajer Wales, Robert Page: "Rasa frustrasi saya untuk para pemain ketika kami tidak menunjukkan level performa yang kami tunjukkan untuk mencapai Piala Dunia ini. Kami harus memberikan penampilan yang bisa dibanggakan kepada suporter. Kami ingin bereaksi dengan cara yang positif dan saya akan memilih pemain yang mau keluar dan memberikan segalanya untuk tujuan tersebut."

Manajer Inggris, Gareth Southgate: "Kami ingin memenangkan pertandingan sepak bola. Kami harus menyeimbangkan kebugaran pemain dan stabilitas tim, itu selalu menjadi keputusan yang harus Anda buat untuk tim. Kami memiliki kesempatan untuk menjadi juara grup dengan hasil yang positif."

"Melawan Wales menjadi persaingan olahraga yang hebat. Tidak lebih dari itu. Perasaan itu mungkin tidak saling menguntungkan, tetapi saya juga bisa memahaminya. Ini akan menjadi atmosfer yang fantastis dan kami benar-benar menantikan pertandingan tersebut. Kami harus menyamai semangat Wales, tetapi saya akan kecewa jika kami tidak melakukannya," ujar Southgate menambahkan.

Prediksi Formasi Wales vs Inggris:

Wales (3-4-3): Danny Ward; Chris Mepham, Joe Rodon, Ben Davies; Connor Roberts, Aaron Ramsey, Ethan Ampadu, Neco Williams; Daniel James, Kieffer Moore, Gareth Bale

Inggris (4-2-3-1): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw; Declan Rice, Jude Bellingham; Raheem Sterling, Mason Mount, Phil Foden; Harry Kane.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper