Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Satgas Transformasi Sepak Bola Buat Perpol Pengamanan Pertandingan

Satuan Tugas (Satgas) Transformasi Sepak Bola Indonesia melakukan rapat dan menyampaikan perkembangan terbaru bersama PSSI.
Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia menggelar rapat kedua di Kantor PSSI, Senin (31/10/2022)/PSSI
Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia menggelar rapat kedua di Kantor PSSI, Senin (31/10/2022)/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Satuan Tugas (Satgas) Transformasi Sepak Bola Indonesia melakukan rapat dan menyampaikan perkembangan terbaru bersama PSSI.

Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia melalukan rapat kedua di Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta, pada Senin (31/10/2022).

Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia terbentuk seusai tragedi Kanjuruhan. Satgas ini terdiri dari PSSI, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Polri, FIFA, dan AFC.

Rapat hari ini dipimpin oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan diikuti oleh FIFA Project Manager Asia-Oceania Regional Office Niko Nhouvannasak, FIFA Project Coordinator East Asia-Asean Regional Office Chen Jin, Sekjen PSSI Yunus Nusi, Wasekjen PSSI Maaike Ira Puspita, Staff Khusus Kemenpora M Nigara, Staff Khusus Kemenpora Uden Kusuma, Direktur Prasarana Strategis KemenPUPR Essy Asiah, Perwakilan Kemendagri Edgar Rangkasa, Sekjen KONI Lukman Djajakusuma, Perwakilan Kemenkes Widiana Kusumasari, dan Analisis Kebijakan Madya Bidang Operasi Sops Polri Kombes Pol Tri Admodjo Marawasianto.

"Rapat hari ini mulai dengan pemaparan setiap perwakilan Task Force terkait rencana ke depan. Setiap elemen sudah ada progress yang baik dan nantinya hasil ini akan kami sampaikan ke Presiden Joko Widodo. Tentu FIFA dan AFC sangat mendukung hal ini,"kata Mochamad Iriawan.

Iriawan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota Satgas Transformasi Sepak Bola yang bekerja keras demi membuat perubahan yang lebih baik.

Sementara itu Kombes Pol Tri Admodjo yang merupakan perwakilan dari kepolisian menyatakan saat ini tengah digodok peraturan khusus untuk penanganan pengamanan pertandingan olahraga.

"Kami saat ini telah membuat Peraturan Kepolisian (Perpol) tentang pengamanan kompetisi olahraga di Indonesia. Saat ini telah selesai sinkronisasi dan harmonisasi di tingkat Kemenkunham. Perpol tersebut telah selesai dan mengatur terkait regulasi keamanan dan keselamatan pertandingan," kata Kombes Pol Tri Admodjo Marawasianto.

Pembentukan Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia dilakukan untuk menemukan rumusan tata kelola sepak bola di Indonesia.

Selain itu, satgas ini juga berperan untuk menyelaraskan peran dan tanggung jawab dari setiap pemangku kepentingan sepak bola, mulai dari PSSI, pemerintah dan kepolisian.

Satgas ini dibentuk seusai tragedi Kanjuruhan yang merenggut nyawa 135 orang dan melukai ratusan orang lainnya pada 1 Oktober lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper