Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2022: Son-Sentris

Berikut profil timnas Korea Selatan dan jadwal di ajang Piala Dunia 2022.
Pemain andalan Timnas Korea Selatan Son Heung-min./Reuters-Suhaib Salem
Pemain andalan Timnas Korea Selatan Son Heung-min./Reuters-Suhaib Salem

Bisnis.com, JAKARTA - Berikut profil timnas Korea Selatan dan jadwal di ajang Piala Dunia 2022.

Timnas Korea Selatan kembali berlaga di pentas piala dunia. Pada Piala Dunia 2022 di Qatar yang akan bergulir pada 20 November hingga 18 Desember nanti, mereka ditangani oleh pelatih asal Portugal, Paulo Bento.

Bento ditunjuk menjadi pelatih timnas Korea Selatan menggantikan Shin Tae-yong tak lama usai Piala Dunia 2018 di Rusia.

Pelatih asal Portugal tersebut terbilang apik selama menangani timnas berjuluk Taeguk Warriors. Ia bakal menghadapi ujian sesungguhnya pada Piala Dunia 2022 di mana tidak hanya membawa Korsel melaju ke fase gugur, tapi juga bakal melawan negaranya sendiri.

Korea Selatan berada di Grup H dan bakal bertemu dengan Portugal, Ghana, serta Uruguay. Piala Dunia 2022 tercatat akan menjadi penampilan ke-11 Korsel di ajang sepak bola empat tahunan itu.

Pada edisi sebelumnya, Korsel yang mencuri perhatian ketika mengalahkan juara bertahan timnas Jerman 2-0 di fase grup.

Kendati bisa meraih poin maksimal dari Jerman, tapi mereka gagal melaju ke 16 besar karena kalah bersaing dengan Meksiko dan Swedia.

Penampilan Korsel di piala dunia memang tidak konsisten setelah 2002. Pada Piala Dunia 2002 ketika menjadi tuan rumah, mereka mengejutkan dunia dengan berhasil melaju ke semifinal saat dilatih Guus Hiddink.

Mereka bisa mengalahkan Portugal, Spanyol, hingga Italia. Uniknya, Paulo Bento saat itu ikut menjadi bagian dari skuad timnas Portugal yang dikalahkan Korea Selatan 0-1.

Setelah itu, Korea Selatan tak bisa mengulangi penampilannya saat bermain di pentas piala dunia. Prestasi terbaik mereka ialah pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan di mana bisa melaju hingga babak 16 besar.

Perjalanan ke Piala Dunia 2022

Korea Selatan memulai perjalanan ke Qatar dengan menjadi pemuncak klasemen di Grup H babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Dari enam laga mereka merebut lima kemenangan, satu seri, dan mencetak 22 gol serta kebobolan satu gol.

Pada babak ketiga, Korsel berada di Grup A bersama Iran, Uni Emirat Arab, Irak, Suriah, dan Lebanon. Kali ini mereka menempati peringkat kedua klasemen akhir dengan koleksi 23 poin di bawah Iran yang mengoleksi 25 poin.

Hasil itu diraih berkat tujuh kemenangan, dua kali seri, dan sekali kalah dari 10 pertandingan. Meski menjadi runner up, mereka tetap melaju ke putaran final Piala Dunia 2022.

Profil Pelatih: Paulo Bento

Sejak menangani Korsel pada 17 Agustus 2018 hingga 14 Juni 2022, Paulo Bento telah melewati 49 pertandingan di segala ajang dengan hasil 32 kemenangan, 11 hasil imbang, dan enam kekalahan.

Sebelum menangani Korea Selatan, Paulo Bento, sempat melatih Chongqing Dangdai Lifan (Chongqing Liangjiang Athletic). Pelatih berusia 53 tahun itu juga berpengalaman menangani Olympiacos, Cruzeiro, Timnas Portugal, dan Sporting.

Paulo Bento pernah mengantarkan Korea Selatan menjuarai Kejuaraan Asia Timur pada 2019. Selain itu, pemilik 35 caps bersama Timnas Portugal itu juga pernah meraih dua gelar Piala Portugal, dan dua Piala Super Portugal.

Profil Pemain Bintang: Son Heung-min

Son Heung-min merupakan pemain paling bersinar yang dimiliki timnas Korea Selatan saat ini. Ia menjadi pemain Asia pertama yang menjadi top skor, bersama Mohamed Salah (Liverpool), di Liga Inggris musim 2021-2022.

Pemain berusia 29 tahun yang membela Tottenham Hotspur itu kini dipercaya menjadi kapten Korea Selatan.

Ia telah mengoleksi 32 gol dari 100 penampilan. Son Heung-min diprediksi bakal menjadi salah satu pemain penentu bagi Korea Selatan di Piala Dunia 2022 nanti.

Prediksi Skuad Utama

Kiper: Kim Seung-gyu (Kashiwa Reysol)

Belakang: Kim Jin-su (Jeonbuk Hyundai Motors), Kim Moon-hwan (Jeonbuk Hyundai Motors), Kim Young-gwon (Ulsan Hyundai), Cho Yu-min (Daejon Hana Citizen)

Tengah: Jeong Woo-yeong (Freiburg), Hwang In-beom (FC Seoul), Kim Jin-kyu (Jeonbuk Hyundai Motors)

Depan: Son Heung-min (Tottenham), Hwang Ui-jo (Bordeaux), Hwang Hee-chan (Wolves)

Profil Timnas Korea Selatan

Nama: Korea Football Association
Berdiri: 1933
Julukan: Taegeuk Warriors
Presiden: Chung Mong-gyu
Pelatih: Paulo Bento
Kapten: Son Heung-min
Tampil di piala dunia: 10 kali
Gelar:

  • Juara Piala Asia 1956, 1960
  • Juara Kejuaraan Asia Timur 2003, 2008, 2015, 2017, 2019

Jadwal Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2022

Grup H

  • 24 November: Uruguay vs Korea Selatan
  • 28 November: Korea Selatan vs Ghana
  • 2 Desember: Korea Selatan vs Portugal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper