Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Istilah-istilah dalam Transfer Pemain Sepak Bola: Free Agent hingga Release Clause

Memasuki masa jeda kompetisi liga-liga Eropa, klub-klub sepak bola kini tengah disibukkan dengan bursa transfer pemain. Berikut istilah-istilah yang kerap ditemui dalam bursa transfer pemain.
Taufan Bara Mukti
Taufan Bara Mukti - Bisnis.com 01 Juli 2022  |  15:34 WIB
Istilah-istilah dalam Transfer Pemain Sepak Bola: Free Agent hingga Release Clause
Istilah-istilah dalam bursa transfer pemain sepak bola - 90min

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki masa jeda kompetisi liga-liga Eropa, klub-klub sepak bola kini tengah disibukkan dengan bursa transfer pemain. Berikut istilah-istilah yang kerap ditemui dalam bursa transfer pemain.

Bursa transfer pemain umumnya digelar dalam dua periode. Pertama, saat musim berakhir hingga permulaan musim berikutnya. Bursa transfer ini umumnya digelar pada musim panas di Benua Eropa.

Selanjutnya, ada bursa transfer paruh musim yang digelar saat kompetisi merampungkan putaran pertama.

Bursa transfer pemain adalah masa di mana klub bisa merekrut atau menjual pemain dan mendaftarkannya untuk kompetisi. Tak hanya pemain, pelatih juga mungkin diganti pada periode bursa transfer.

Saat membahas bursa transfer, biasanya kerap ditemui istilah-istilah dalam bahasa asing yang sulit untuk dipahami.

Berikut istilah-istilah dalam bursa transfer pemain sepak bola

  • Transfer Fee

    Nilai yang disepakati antara kedua tim dalam pembelian pemain. Nominal transfer fee ditentukan oleh kesepakatan antartim melalui proses negosiasi.
  • Undisclosed Fee

    Nilai transfer yang disepakati oleh kedua tim, tapi tidak diumumkan ke publik. Keputusan untuk mempublikasi nilai transfer ini dibicarakan dalam proses negosiasi antara kedua tim dan pemain.
  • Market Value

    Nilai pasar seorang pemain, bukan nilai transfer resmi yang disepakati kedua tim. Nominal ini biasanya dibuat oleh media atau perusahaan pengolah data dengan mempertimbangkan beberapa aspek seperti usia pemain, performa di lapangan, durasi kontrak, dan lain sebagainya.
  • Contract

    Penawaran kerja sama dari suatu klub ke pemain. Dalam kontrak ini diatur durasi kerja sama serta hak dan kewajiban suatu pemain.
  • Add-ons

    Kontrak juga berisi detail-detail bonus tambahan yang didapatkan seorang pemain jika memenuhi target dari klub. Misalnya, jika klub menjuarai Liga Champions maka pemain bisa mendapatkan bonus dengan nominal tertentu. Add-ons ini juga yang biasanya membuat nilai transfer pemain meningkat dari nominal aslinya, karena mempertimbangkan maksimal bonus yang akan didapatkan oleh pemain.
  • Free Agent

    Pemain yang habis masa kontrak dengan klub, maka statusnya menjadi pemain yang bebas. Jika pemain tersebut bergabung dengan klub baru, maka klub itu tak perlu bernegosiasi dengan klub lama karena tak ada lagi ikatan kontrak. Dalam aturan Bosman, pemain diizinkan berkomunikasi dengan klub lain jika memasuki 6 bulan terakhir masa kontrak di suatu klub.
Halaman:
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kontrak Bursa Transfer Istilah dalam Bursa Transfer
Editor : Taufan Bara Mukti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top