Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PSSI Agendakan Turnamen Pramusim pada Pertengahan Juni dan Boleh Dihadiri Penonton

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyampaikan hasil rapat dengan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) terkait agenda turnamen pramusim.
Para pemain Bali United, juara Liga 1 2019, tengah berlatih./BaliUtd.com
Para pemain Bali United, juara Liga 1 2019, tengah berlatih./BaliUtd.com

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyampaikan hasil rapat dengan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) terkait agenda turnamen pramusim.

PSSI dan PT LIB berencana menggelar turnamen pramusim sebelum Liga 1 2022-2023 bergulir pada Juli nanti.

PSSI berharap turnamen pramusim ini dapat diikuti semua klub Liga 1. Klub peserta Liga 1 sudah diajak berdiskusi oleh PT LIB tentang mekanisme dan regulasi, meskipun semua masih dalam tahap awal.

"Hari ini saya rapat dengan jajaran LIB untuk membahas beberapa hal. Salah satunya soal turnamen pramusim, Liga 1 dan 2. Sudah ada beberapa hal yang disepakati dan ada yang belum. Kita akan terus matangkan hal ini," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Musim lalu, PSSI dan PT LIB menggelar turnamen pramusim dengan titel Piala Menpora dan berlangsung di empat stadion di Pulau Jawa.

Untuk pramusim kali ini amat mungkin juga akan berlangsung di empat kota. Namun, stadion mana yang akan dipakai belum diputuskan oleh PSSI dan PT LIB.

Menurut Iriawan, untuk turnamen pramusim akan diselenggarakan mulai pertengahan Juni hingga pertengahan Juli dengan dihadiri penonton.

Namun, belum diputuskan berapa persen yang boleh masuk stadion termasuk terkait regulasi vaksinasi dan booster yang akan diterapkan.

"Kami akan koordinasi dengan pemerintah. Dalam hal ini Kemenpora, Kemenkes, BNPB, Satgas Covid-19, dan Kepolisian soal berapa persen penonton yang boleh masuk stadion. Kami akan ikut apa yang diputuskan oleh pemerintah," tutur Iriawan.

Untuk Liga 1 dan 2, lanjut Iriawan, musim ini ada tiga klub dari Liga 2 yang promosi ke Liga 1 dan ada tiga klub juga dari Liga 1 yang degradasi ke Liga 2.

"Saya kira Liga 1 dan 2 musim ini akan berjalan seru dan ketat karena sudah diperbolehkan ada penonton. Agar kompetisi berjalan seru, adil, fairplay, dan enak ditonton, PSSI dan PT LIB tetap akan memakai asisten wasit tambahan (asisten wasit ke empat dan kelima) di belakang gawang," ucap Iriawan.

Turnamen pramusim memang sudah rutin diselenggarakan hampir setiap tahunnya. Sebelum Piala Menpora pada tahun lalu, ada Piala Presiden yang telah bergulir sejak 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper