Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadi Asisten Pelatih Como, Ini Perjalanan Karier Kurniawan Dwi

Legenda sepak bola Tanah Air, Kurniawan Dwi Yulianto didapuk menjadi asisten pelatih klub Liga Italia, Como 1907.
Kurniawan Dwi Yulianto
Kurniawan Dwi Yulianto

Bisnis.com, SOLO - Mantan pesepak bola Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto kini bergabung dengan klub kasta kedua atau Serie B Liga Italia, Como 1907 sebagai asisten pelatih.

Meski begitu, ia masih harus menunggu petualangan barunya bersama Como 1907 lantaran pengurusan visa dan izin kerja belum selesai.

"[Sekarang masih dalam tahap] apply visa, masih nunggu dulu. Visa ke Italia agak susah ini," ucap Kurniawan Dwi dalam sebuah wawancara di radio Prambors, Selasa (18/1/2022).

Berkaitan dengan itu, kabar tersebut jelas menjadi lompatan karier yang apik bagi Kurniawan.

Saat ini, dirinya menjadi orang Indonesia pertama yang bergabung dengan tim kepelatihan di level profesional sepak bola Italia.

Sebelumnya, ia dipercaya untuk melatih Sabah FC selama dua musim. Kurniawan ditunjuk sebagai pelatih kepala mulai 2020 hingga kontraknya habis pada Desember 2021.

Sementara itu, dalam hal karier sebagai atlet, pesepak bola kelahiran 1976 ini sempat bermain di tim remaja Sampdoria sebelum kemudian pindah ke FC Luzern, klub yang berlaga di kompetisi kasta tertinggi Swiss.

Pulang dari Eropa, Kurniawan lalu bermain di sejumlah tim, di antaranya Pelita Bakrie, PSM Makassar, PSPS Pekanbaru, Persebaya Surabaya, dan Persija Jakarta.

Antara Desember 2005 hingga Mei 2006, dirinya lalu memperkuat Sarawak FC di Malaysia. Namun, lantaran dianggap jarang mencetak gol, ia lantas diputus kontrak.

Lepas itu, Kurniawan lalu membela PSS Sleman, Persitara, Persisam Putra Samarinda, Persela Lamongan, Tangerang Wolves FC, Pro Duta FC, dan Persipon Pontianak.

Dirinya kemudian memutuskan pensiun sebagai pemain pada 2013. Setelahnya, ia pun mencoba menjadi pelatih.

Pada tahun 2018 hingga 2020, ia ditarik manajemen timnas untuk menjadi asisten pelatih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper