Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemain Korsel ini Ragukan Asnawi Bisa Sukses di Ansan Greeners

Pemain asal Korea Selatan, Shim Woon-seop, ragu Asnawi Mangkualam bisa memiliki karier yang sukses di K-League 2 bersama klubnya, Ansan Greeners.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 08 Januari 2022  |  19:31 WIB
Pemain Indonesia, Asnawi Mangkualam di Piala AFF 2020 - Twitter PSSI
Pemain Indonesia, Asnawi Mangkualam di Piala AFF 2020 - Twitter PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Pemain asal Korea Selatan, Shim Woon-seop, ragu Asnawi Mangkualam bisa memiliki karier yang sukses di K-League 2 bersama klubnya, Ansan Greeners.

Berdasarkan rekam jejak pemain Asia Tenggara di kompetisi itu, ia menilai bakal sulit bagi pemain berusia 22 tahun itu bertahan di Liga Korea.

Menurut Shim, sejumlah tim Korea Selatan memboyong pemain dari kawasan ASEAN setelah adanya regulasi soal pemain asing Asia Tenggara. Ini merupakan tahun ketiga Liga Korsel menerapkan aturan tersebut. Asnawi memang bukan pemain Asia Tenggara pertama yang berkarier di Liga Korea Selatan. Sebelumnya, dua pemain asal Vietnam, yaitu Luong Xuan Truong dan Nguyen Cong Phuong juga sempat mencoba peruntungan karier di sana.

Namun, dua pemain tersebut tak bertahan lama di Korea Selatan sebelum kembali ke kampung halamannya. Rekam jejak itu yang memicu pemain asal Korsel yang sempat berkarier di negara-negara Asia Tenggara, Shim Woon-seop. Shim Woon-seop merasa ragu jika Asnawi bisa memberikan dampak signifikan untuk timnya.

"Saya tidak yakin Asnawi akan menambah kekuatan tim. Faktanya ia hanya tampil sebanyak 14 penampilan dari 36 laga di K League 2 2021 yang membuat ragu untuk mengontraknya," kata mantan pemain Kuantan FA itu dikutip dari Spochoo.com.

Asnawi baru saja memperpanjang kontrak dengan Ansan Greeners pada hari Kamis, 6 Januari 2022. Kapten timnas Indonesia itu menandatangani kontrak berdurasi satu musim dengan opsi perpanjangan satu musim.

Shim Woon-seop pun memberi Asnawi wejangan untuk bisa sukses berkarier di Korea selatan. "Agar Asnawi bisa maju ke panggung yang lebih besar, ia harus membuktikan bahwa ia bisa bermain satu musim sebagai pemain inti. Pemasaran urusan berikutnya," kata Shim.

Selama berkarier di Korea Selatan, Asnawi tampil sebanyak 15 laga dengan kontribusi satu umpan. Usai resmi perpanjang kontrak, mantan pemain PSM Makassar itu bertekad tampil bagus agar para pemain asal Indonesia dilirik klub-klub asal Korea Selatan atau tergerak mengikuti jejaknya. "Tahun ini, Ansan Greeners akan melakukan yang terbaik untuk bersaing mendapatkan (tiket) promosi dengan hasil terbaik," kata Asnawi Mangkualam.

"Karena saya adalah pemain Indonesia yang pertama kali main di K League, saya ingin memberikan preseden atau contoh yang baik bagi para pemain Indonesia untuk maju ke K League. Untuk melakukan itu, membantu tim promosi, saya harus tampil lebih baik di musim 2022," kata Asnawi Mangkualam.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas indonesia

Sumber : Tempo

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top