Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sudah Tepat! Ini Aturan FIFA yang Menjelaskan Tiga Kartu Merah Pemain Singapura

Sudah Tepat! Ini Aturan FIFA yang Menjelaskan Tiga Kartu Merah Pemain Singapura
Hasil Indonesia vs Singapura leg kedua semifinal Piala AFF 2020/Youtube
Hasil Indonesia vs Singapura leg kedua semifinal Piala AFF 2020/Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Tiga pemain Timnas Singapura mendapatkan kartu merah saat berjumpa Indonesia dalam leg kedua semifinal Piala AFF 2020 Sabtu (26/12/2021) malam di National Stadium.

Pelatih Singapura asal Jepang Tatsuma Yoshida memberikan komentar soal keputusan wasit Qasim Matar asal Oman tersebut.

"Kartu kuning pertama Safuwan bukan pelanggaran, sementara kartu kuning Irfan dan Hassan merupakan hasil dari usaha mereka. Itu (keputusan wasit) sulit diterima, tetapi saya mencoba (untuk menerimanya)," kata Tatsuma usai pertandingan.

Namun berdasarkan aturan yang dikeluarkan FIFA, ketiga pemain Singapura tersebut memang layak diganjar dengan kartu merah oleh wasit Qasim Matar.

Bek Safuwan Baharuddin menjadi pemain Singapura pertama yang mendapatkan kartu merah pada akhir babak pertama. Safuwan mendapatkan kartu kuning kedua setelah terlibat cekcok dengan Rizky Ridho saat Singapura mendapatkan hadiah tendangan bebas.

Kartu kuning pertama didapatkan Safuwan pada awal babak pertama setelah dia melanggar Witan Sulaeman di tepi kotak penalti. Dia sempat melancarkan protes keras kepada wasit dengan mengacungkan tangannya.

Berdasarkan panduan dalam Law of the Game yang dikeluarkan FIFA disebutkan seorang pemain bisa mendapatkan kartu kuning jika melakukan beberapa hal. Diantaranya adalah ketika melakukan pelanggaran yang berpeluang menghentikan serangan lawan.

"Melakukan pelanggaran lain yang mengganggu atau menghentikan serangan yang menjanjikan (bagi lawan), kecuali jika wasit memberikan tendangan penalti untuk pelanggaran yang merupakan percobaan untuk memainkan bola," tulis hukum ke-12 Law of the Game FIFA.

Dalam pelanggaran itu, Witan memang berpeluang untuk mencetak gol jika tak mendapatkan pelanggaran dari Safuwan. Pada proses gol pertama Timnas Indonesia, Witan berhasil melewati Safuwan untuk melepaskan umpan kepada Ezra Walian.

Kartu kuning kedua Safuwan didapatkan setelah dia dianggap dengan sengaja menunda dimulainya kembali permainan. Saat itu, dia terlibat cekcok dengan Rizky Ridho yang mengawalnya ketika Singapura mendapatkan tendangan bebas di sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia.

Matar sebelumnya sudah memperingatkan Safuwan agar tak mendorong-dorong Ridho. Akan tetapi himbauan itu tak didengarkan oleh bek senior Singapura tersebut. Dia sempat terlihat sengaja membenturkan tubuhnya kepada Ridho dan bahkan sempat mengelak ketika wasit mencoba memanggilnya untuk kedua kali.

Keputusan Matar memberikan kartu kuning kedua itu juga benar menurut panduan Law of the Game FIFA. Pasalnya, Safuwan bisa dianggap sengaja menunda dimulainya kembali permainan. Dia juga bisa dianggap sengaja melakukan penghinaan terhadap pertandingan dengan tak menggubris hirauan wasit.

"Wasit harus memberikan peringatan (kartu kuning) kepada pemain yang melakukan penundaan dimulai kembalinya pertandingan secara berlebihan," tulis aturan FIFA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Kartu Merah Kedua dan Ketiga
Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper