Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Sudah Tepat! Ini Aturan FIFA yang Menjelaskan Tiga Kartu Merah Pemain Singapura

Sudah Tepat! Ini Aturan FIFA yang Menjelaskan Tiga Kartu Merah Pemain Singapura
1

Kartu Merah Kedua dan Ketiga

Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 - PSSI
Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 - PSSI
Bagikan

Rekan Safuwan, Irfan Fandi mendapatkan kartu merah secara langsung pada menit ke-67. Anak dari pesepakbola legendaris Singapura, Fandi Ahmad itu diusir setelah melakukan pelanggaran terhadap Irfan Jaya yang mencoba masuk ke area kotak penalti Singapura.

Sikut Fandi terlihat menghantam wajah Irfan Jaya yang berpeluang berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Hassan Sunny jika lolos. Dalam aturan FIFA, pelanggaran seperti itu memang dikategorikan sebagai pelanggaran berat yang layak mendapatkan kartu merah.

"Seorang pemain bisa dikeluarkan jika menghalagi peluang mencetak gol yang jelas dari lawan dengan pelanggaran," tulis hukum ke-12 Law of the Game FIFA.

Pelanggaran Hassan Sunny terhadap Irfan Jaya juga jelas termasuk ke dalam kategori pelanggaran yang layak diberikan kartu merah. Pasalnya, pelanggaran itu dilakukan di luar kotak penalti saat Irfan telah mampu membuat bola melewati penjaga gawang Singapura itu.

Selain itu, pelanggaran itu juga termasuk ke dalam kategori permainan yang berbahaya karena Sunny jelas mengincar kaki Irfan untuk menghentikannya.

"Jegalan atau tantangan yang membahayakan keselamatan lawan atau penggunaan kekerasan atau kebrutalan yang berlebihan harus diberi sanksi sebagai pelanggaran serius," tulis aturan FIFA itu.

"Setiap pemain yang menerjang lawan dalam mencoba menghalangi bola dari depan, dari samping atau dari belakang menggunakan satu atau kedua kaki, dengan kekuatan yang berlebihan atau membahayakan keselamatan lawan bersalah karena melakukan pelanggaran serius."

2 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas indonesia piala aff Timnas Singapura
Sumber : Tempo
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top