Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Banyak Kontroversi di Semifinal Leg Pertama Piala AFF 2020, Shin Minta Ada VAR

Hal itu terkait banyak keputusan wasit kontroversi pada dua laga pertama semifinal Piala AFF 2020 yang sudah berjalan termasuk pertandingan Indonesia vs Singapura.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Desember 2021  |  16:38 WIB
Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong - PSSI
Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong - PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong setuju dengan pengunaan VAR (Video Assistant Referee) pada laga kedua Piala AFF 2020.

Hal itu terkait banyak keputusan wasit kontroversi pada dua laga pertama semifinal Piala AFF 2020 yang sudah berjalan termasuk pertandingan Indonesia vs Singapura. 

Shin Tae-yong merasa VAR akan membuat jalannya laga jadi lebih adil.  Dia tak meragukan kapasitas wasit yang bertugas, hanya saja wasit dianggap manusia biasa yang juga bisa berbuat kesalahan.

“Kalau pendapat saya, kita memang membutuhkan VAR. Sebagai manusia, kita tidak bisa melihat tepat 100 persen,” kata Tae-yong dalam konferensi pers virtual menjelang laga kedua semifinal kontra Singapura, Jumat (24/12/2021).

Shin Tae-yong menyoroti keputusan wasit yang memicu kontroversi seperti pada laga Thailand kontra Vietnam kemarin. Pelatih asal Korea Selatan itu menilai Vietnam layak mendapatkan penalti saat pemain belakang Thailand menyentuh bola dengan tangannya di dalam kotak penalti. Alhasil Vietnam kalah 0-2 pada laga itu. 

Dia juga mengambil contoh saat Ricky Kambuaya dijatuhkan pemain belakang Timnas Singapura Nazrul Nazari pada menit ke-77 laga pertama Rabu lalu.  Timnas Indonesia pun harus puas dengan hasil imbang 1-1. 
 
Shin Tae-yong menilai kesalahan wasit dalam membuat keputusan sebagai sesuatu yang wajar karena mereka juga manusia, hanya saja di menilai kesalahan itu akan bisa diminimalisir jika VAR diberlakukan. 
 
Dia pun menilai kesalahan wasit dalam membuat keputusan bisa membuat moral pemain jatuh. Dia pun mengingatkan agar wasit pada laga besok bisa tetap menjunjung sportivitas.
 
“Walaupun pemain sudah kerja keras di lapangan tapi bisa saja wasit menghancurkan pertandingan dengan keputusannya. Singapura memang lebih diunggulkan karena sebagai tuan rumah, tapi wasit pun harus bantu pemain agar tetap menjaga nilai fair play,” lanjutnya.
 
"Untuk meningkat kualitas turnamen harus pemain bekerja keras dan wasit juga dan paling penting pengunaan VAR, "ujar Shin Tae-yong.
 
Dalam konferensi pers usai pertandingan kemarin, Pelatih Timnas Vietnam Park Hang-soe tak mau berkomentar banyak soal keputusan wasit yang merugikan timnya. Dia hanya berharap VAR digunakan dalam ajang sebesar Piala AFF. 
 
Media-media Vietnam mencatat tiga kejanggalan keputusan wasit pada laga kemarin. Tiga keputusan itu dianggap berandil besar dalam kekalahan 0-2 yang mereka derita dari Thailand.
 
Semifinal kedua Piala AFF 2020 akan digelar pada Sabtu dan Minggu besok. Laga Indonesia vs Singapura akan berlangsung pada Sabtu malam pukul 19.30 WIB sementara laga Thailand vs Vietnam akan digelar pada Ahad malam pukul 19.30 WIB.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas indonesia piala aff Timnas Singapura

Sumber : Tempo

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top