Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tujuh Fakta Menarik Chelsea vs Villarreal di Piala Super Eropa

Laga Piala Super Eropa antara Chelsea Vs Villarreal akan berlangsung pada Kamis dini hari. Laga ini akan digelar di Stadion Windsor Park, Belfast, Irlandia Utara.
Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel/Football London
Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel/Football London

Bisnis.com, JAKARTA - Laga Piala Super Eropa antara Chelsea Vs Villarreal akan berlangsung pada Kamis (12/8/2021) dini hari. Laga ini akan digelar di Stadion Windsor Park, Belfast, Irlandia Utara.

Chelsea tampil di Piala Super Eropa setelah menjadi juara Liga Champions musim lalu. The Blues mengalahkan Manchester City 1-0 berkat gol Kai Havertz. Sementara Villarreal merupakan pemenang Liga Europa musim lalu. Mereka mengalahkan tim asal Inggris, Manchester United, pada final yang berlangsung hingga babak adu penalti.

Berstatus sebagai juara dua kompetisi Eropa, keduanya kini akan memperebutkan trofi Piala Super Eropa untuk membuktikan siapa tim terbaik di Benua Biru. Sejumlah fakta menarik pun akan mengiringi laga tersebut. Berikut fakta yang diungkap oleh laman resmi UEFA:

1. Chelsea tercatat pernah tampil di empat Piala Super Eropa sebelumnya. Akan tetapi mereka hanya pernah meraih trofi tersebut pada 1998 dengan mengalahkan Real Madrid 11-0. Pada 2012, pasukan Singa London dibungkam Atletico Madrid 1-4, setahun berselang mereka dikalahkan Bayern Munchen melalui drama adu penalti dan pada 2019 Chelsea dibungkam Liverpool juga melaljui drama adu penalti.

2. Bagi Villarreal, laga Kamis besok akan menjadi pertama kalinya mereka tampil di Piala Super Eropa. Klub berjulukan Kapal Selam Kuning itu memang baru pertama kalinya menjuarai kompetisi Eropa musim lalu.

3. Kedua tim akan bertemu pertama kalinya pada laga Kamis besok. Mereka belum pernah bertemu sekali pun, baik di Liga Champions, Liga Europa maupun kompetisi lainnya selama ini.

4. Pelatih Villarreal Unai Emery pernah dua kali tampil di Piala Super Eropa saat masih menangani Sevilla. Sayangnya pada dua kesempatan itu tim asuhan Emery dikalahkan Real Madrid (2014) dan Barcelona (2015). Sementara bagi Thomas Tuchel ini merupakan kesempatan pertamanya tampil di ajang tersebut.

5. Villarreal berpeluang menjadi tim keenam dari Spanyol yang meraih Piala Super Eropa. Lima tim lainnya yang pernah mengangkat trofi itu adalah Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, Sevilla dan Valencia. Satu tim Spanyol lainnya yang pernah tampil di Piala Super Eropa adalah Real Zaragoza, akan tetapi mereka dikalahkan oleh Ajax Amsterdam.

6. Tim asal Spanyol merupakan yang paling banyak menjuarai Piala Super Eropa dengan 15 kali. Tim asal Inggris menempati posisi ketiga dengan delapan gelar, posisi kedua ditempati tim asal Italia dengan sembilan kali juara.

7. Sejak diperkenalkan pada 1973, Piala Super Eropa telah enam kali mempertemukan tim asal Spanyol kontra tim asal Inggris. Hasilnya, kedua negara berbagi tiga kemenangan. Laga Nottingham Forest vs Barcelona pada 1979 menjadi pertemuan pertama adu gengsi kedua negara dengan Nottingam Forest menang 2-1 secara kumulasi. Sementara laga Real Madrid vs Manchester United pada 2017 menjadi laga terakhir tim asal kedua negara bertemu.

Laga Piala Super Eropa antara Chelsea vs Villarreal akan menjadi penanda dibukanya musim baru di Eropa. Laga ini akan berlangsung pada Kamis dinihari 12 Agustus 2021 pukul 02.00 WIB dan disiarkan secara langsung oleh SCTV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper