Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Euro 2020, Belgia Singkirkan Portugal Meski Ronaldo Bikin Rekor

Belgia akan jumpa Italia di perempat final Piala Eropa (Euro) setelah mereka menyingkirkan juara bertahan Portugal dengan Cristiano Ronaldo-nya di babak 16 besar.
Para pemain Belgia merayakan gol ke gawang Portugal./UEFA.com
Para pemain Belgia merayakan gol ke gawang Portugal./UEFA.com

Bisnis.com, JAKARTA – Belgia menyingkirkan juara bertahan Portugal dengan kemenangan 1–0 dalam pertandingan babak 16 besar Piala Eropa (Euro) 2020 di Stadion La Cartuja di Sevilla, Spanyol.

Saru-satunya gol yang terjadi dalam pertandingan yang berlangsung pada Senin (28/6/2021) dini hari WIB itu dicetak gelandang Thorgan Hazard pada menit ke-42.

Portugal memiliki peluang emas pada menit ke-6 lewat pemain Liverpool Diogo Jota. Dia mempunyai ruang untuk melepas tembakan dari dalam kotak penalti, tetapi pada saat terakhir bek Belgia Toby Alderweireld meluncur di atas rumput untuk mengeblok tendangan Jota.

Bintang Portugal Cristiano Ronaldo juga memiliki kesempatan untuk menjebol gawang Belgia yang dikawal kiper Thibaut Courtouis, tetap gagal menghasilkan gol.

Pada menit ke-42 justru Belgia membuka skor lewat Thorgan Hazard. Adik kandung Eden Hazard itu membuka keunggulan Setan Merah dengan upaya bagus.

Thorgan Hazard menaklukkan kiper Portugal Rui Patrico dengan tendangan keras dari luar penalti di sebelah kiri menyusul kerja sama elok antara Romelu Lukaku, Kevin de Bruyne, Eden Hazard, dan Thomas Meunier, yang memberikan assist dengan low pass.

Pada babak kedua, Portugal meningkatkan tekanan dan Belgia harus berterima kasih kepada penjaga gawang Courtouis yang pada menit ke-82 membuat penyelamatan gemilang mematahkan upaya pemain Portugal Ruben Dias.

Belgia kehilangan kapten Eden Hazard yang mengalami cedera pada menit ke-87 setelah berebut bola dengan Sergio Oliveira dan dia harus digantikan dengan Yannick Carrasco.

Hasil ini memperpanjang catatan Belgia selalu mencetak gol dalam 34 pertandingan terakhir. Mereka terakhir gagal mencetak gol ketika dikalahkan Prancis di semifinal Piala Dunia 2018 dengan skor 0–1.

Dalam pertandingan ini, penyerang Portugal Cristiano Ronaldo mencatatkan sejarah sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di putara final Piala Eropa yakni 25 pertandingan. Dia juga top skor Euro sepanjang masa Euro termasuk babak kualifikasi dengan 45 gol.

Di ajang Euro kali ini pun, pemain depan klub Serie A Italia Juventus itu menjadi top skor sementara dengan menjaringkan lima gol dan menjadi satu-satunya pemain yang selalu menjebol gawang lawan di tiga pertandingan fase grup.

Di perempat final Belgia akan bertarung melawan tim favorit lainnya Italia yang dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (3/7/2021) mulai pk. 02.00 WIB di Allianz Arena di Munchen, Jerman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : UEFA.com & BBC
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper