Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Piala Eropa (Euro 2020) Mulai Berlakukan Regulasi Handball Baru

Putaran final Piala Eropa (Euro 2020) bakal menerapkan aturan handball yang baru,. Ini perinciannya.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 08 Juni 2021  |  11:33 WIB
Seorang wasit sepak bola mengisyaratkan terjadi handball. - Mirror
Seorang wasit sepak bola mengisyaratkan terjadi handball. - Mirror

Bisnis.com, JAKARTA – Aturan handball yang baru akan digunakan di Piala Eropa (Euro) 2020, ungkap Union of European Football Associations (UEFA).

Regulasi baru itu dirancang untuk tidak menghukum penyerang jika mereka secara tidak sengaja melakukan handball dalam upaya mencetak gol.

Aturan itu diperkenalkan oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) pada Maret dan akan mulai digunakan di seluruh dunia bulan depan.

Ada peluang untuk memberlakukan aturan baru itu lebih cepat jika UEFA menginginkannya, namun Roberto Rosetti, ketua komite wasit mereka, mengatakan ofisial akan menggunakan aturan baru segera setelah pertandingan pembukaan Euro 2020 antara Turki dan Italia di Grup A.

"Undang-undang telah ditulis ulang lebih sesuai dengan semangat sepak bola dan memberikan pemain kebebasan untuk bermain," kata pelatih asal Italia itu.

Ofisial menyebutkan argumen “posisi tidak wajar” dan mengklarifikasi bahwa: “Tidak setiap sentuhan tangan/lengan pemain dengan bola adalah pelanggaran”.

Berita tentang perubahan aturan bola tangan ini akan menjadi kejutan yang disambut baik oleh para penggemar sepak bola, terutama dengan kontroversi seputar video asisten wasit (VAR) dan pertandingan Liga Primer Inggris.

Musim lalu di kompetisi papan atas Inggris itu terjadi handball yang tidak disengaja dari seorang penyerang dalam proses untuk mencetak gol dan dia dihukum.

Ini terjadi pada pertandingan Fulham melawan Tottenham Hotspur pada 4 Maret, di mana gol penyama kedudukan The Cottagers dianulir karena bola mengenai Mario Lemina menjelang gol yang decetak Josh Maja.

Berikut aturan baru handball:

= Dengan sengaja menyentuh bola dengan tangan/lengan, misalnya menggerakkan tangan/lengan ke arah bola;

= Menyentuh bola dengan tangan/lengan mereka ketika itu telah membuat tubuh mereka “lebih besar” secara tidak wajar. Seorang pemain dianggap telah membuat tubuhnya lebih besar secara tidak wajar ketika posisi tangan/lengannya bukan merupakan konsekuensi dari, atau dapat dibenarkan oleh, gerakan tubuh pemain untuk situasi tertentu. Dengan menempatkan tangan/lengannya dalam posisi seperti itu, pemain mengambil risiko tangan/lengannya terkena bola dan dihukum; atau

= mencetak gol ke gawang lawan langsung dari tangan/lengan mereka, meskipun tidak disengaja; atau mencetak gol segera setelah bola menyentuh tangan/lengan mereka, meskipun tidak disengaja.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

uefa Euro 2020

Sumber : Mirror

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top