Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil Uji Coba Piala Eropa (Euro 2020), Jerman & Ukraina Pesta Gol

Jerman dan Ukraina mencatatkan kemenangan besar dalam pertandingan pemanasan mereka sebelum putaran final Euro 2020 dimulai pada akhir pekan ini.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 08 Juni 2021  |  10:28 WIB
Pemain Jerman Thomas Muller (kiri) menjebol gawang Latvia. - Bundesliga.com
Pemain Jerman Thomas Muller (kiri) menjebol gawang Latvia. - Bundesliga.com

Bisnis.com, JAKARTA – Timnas Jerman dan Ukraina mencatat kemenangan besar dalam pertandingan uji coba terakhir mereka menjelang putaran final Piala Eropa (Euro 2020) pada Selasa (8/6/2021).

Thomas Muller mencetak gol internasional pertamanya dalam 3 tahun terakhir. Dalam pertandingan itu, Latvia yang berperingkat 138 dunia sangat jarang keluar dari area pertahanannya.

Setelah dua tahun menepi dari sepak bola internasional, Muller masuk dalam daftar pencetak gol Jerman sementara bersama bintang Manchester City Ilkay Gundogan dan Chelsea Timo Werner yang turut juga mengukir gol dalam kemenangan tersebut.

"Hasil bukanlah hal yang paling penting, karena yang lebih utama tentang cara kami bermain sepak bola dan menerapkan berbagai hal. Rasanya menyenangkan. Ini kemenangan yang meyakinkan, tetapi kami jelas tahu bahwa Prancis lawan berbeda.”

Kapten Jerman Manuel Neuer mendapat sambutan tepuk tangan di lapangan oleh rekan satu timnya sebelum kick-off saat dia menjadi penjaga gawang pertama yang membuat 100 penampilan untuk tim nasional.

Kiper veteran berusia 35 tahun itu melewati salah satu malam yang paling santai sepanjang kariernya di Dusseldorf.

Sebagian besar waktu untuk Neuer belum teruji sampai akhirnya gelandang Latvia Aleksejs Saveljevs melewati barisan pertahanan Jerman dan mencetak gol hiburan 15 menit sebelum laga usai.

Pelatih Jerman Joachim Loew membuat empat perubahan dari tim yang sebelumnya ditahan imbang 1–1 oleh Denmark.

Pemain juara Liga Champions Chelsea Antonio Rudiger yang terus menembus pertahanan Latvia bersama rekan setimnya di klub, Kai Havertz, tampil impresif di lini depan.

Sementara di lini tengah, pemain Manchester City Gundogan yang bermitra dengan Toni Kroos dari Real Madrid juga tampil solid.

Havertz sukses menerobos pertahanan Latvia untuk membantu terciptanya gol pembuka oleh bek kiri Robin Gosens yang mengukir gol internasional pertamanya dan 86 detik kemudian Gundogan mencetak gol kedua.

Jerman unggul 3–0 dalam 27 menit pertama ketika Muller mencetak gol ke-39 dalam 102 pertandingan untuk Jerman.

Skor menjadi 5–0 saat turun minum tatkala kiper Latvia Robert Ozols memasukkan bola ke gawangnya sendiri dan kemudian tendangan voli Serge Gnabry ke pojok atas merobek gawang Latvia sebelum turun minum.

Werner yang menggantikan Havertz di babak kedua, melepaskan tembakan di antara kedua kaki Ozol guna menciptakan gol Jerman berikutnya saat pertandingan berlalu 50 menit.

Jerman terkecoh ketika tembakan luar biasa Saveljevs melewati Neuer yang tidak mampu menjangkau bola, sebelum Leroy Aziz Sane mencetak gol dengan assist Muller.

Kemenangan ini menjadi bekal dan pendorong kepercayaan diri Jerman menjelang putaran final Euro 2020, tetapi Jerman bakal menghadapi pertandingan yang jauh lebih sulit melawan Prancis dan Portugal yang juga juara bertahan Eropa di Grup F, demikian ditulis AFP yang dikutip Antara.

Sementara itu, Soccerway melaporkan bahwa Ukraina mencatat kemenangan empat gol tanpa balas ketika menjamu Suprus di Stadion Oblasny Sport Komplex Metalist di Kharkiv. Keempat gol tuan rumah terjadi masing-masing dua di setiap babak.

Pada babak pertama, tim asuhan Andrij Sevchenko membuka skor lewat penalti Andriy Yarmolenko pada menit ke-37.

Wasit Vitalijs Spasjonnikovs menunjuk titik putih setelah penyerang Siprus Andreas Panayiotou melakukan pelanggaran keras di kotak penaltinya ketika membantu pertahanan dan dia diganjar langsung kartu merah, tanpa didahului kartu kuning sebagai peringatan.

Saat turun minum Ukraina telah unggul 2–0 setelah kembali mendapatkan hadiah penalti pada injury time babak pertama yang kali ini sukses dieksekusi Oleksandr Zinchenko.

Pada babak kedua, tuan rumah melesakkan dua gol tambahan. Roman Yaremchuk menjadikan skor 3–0 ketika pertandingan berjalan 1 jam dan Yarmolenko mencetak gol kedua di laga tgersebut pada menit ke-65 untuk mengakhiri pertandingan dengan skot 4–0.

Di Euro 2020, Ukraina akan bertarung dengan Belanda, Austria, dan Makedonia Utara untuk setidaknya lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up. Jika finis di peringkat ketiga, nilainya akan diadu dengan lima tim peringkat lainnya untuk mencari empat yang terbaik yang ikut melaju ke fase knock out.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas jerman Timnas Ukraina Euro 2020

Sumber : Soccerway & Antara/AFP

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top