Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Liga Europa : MU, Roma, Villarreal Menang Tandang, Arsenal Terganjal di London

Manchester United, AS Roma, dan Villarreal berhasil menang tandang di leg pertama 8 besar Liga Europa. Sebaliknya Arsenal hanya bisa seri di kandang, Stadion Emirates.
Ujung tombak Manchester United Marcus Rashford menjebol gawang Granada./Twitter@ManUtd
Ujung tombak Manchester United Marcus Rashford menjebol gawang Granada./Twitter@ManUtd

Bisnis.com, JAKARTA – Manchester United, AS Roma, dan Villarreal menang tandang di leg pertama 8 besar Liga Europa pada Jumat (9/4/2021) dini hari WIB, sebaliknya Arsenal justru tersandung di kandang.

Dengan kemenangan di laga tandang, bisa dikatakan MU, Roma, dan Villarreal sudah satu kaki berada di semifinal sebab akan bertindak sebagai tuan rumah di pertandingan leg kedua.

MU memetik kemenangan 2–0 atas tuan rumah Granada di Stadion Los Carmenes di Granada, Spanyol. Marcus Rashford membuka skor pada menit ke-31, dan gelandang serang Bruno Fernandes memastikan MU pulang dengan 3 poin setelah eksekusi penaltinya di ujung pertandingan gagal dicegah kiper tuan rumah Rui Silva yang sama-sama berasal dari Portugal.

Wasit Artur Soares Dias yang juga datang dari Portugal menunjuk titik putih setelah pemain Granada Yan Brice Eteki melanggar Bruno Fernandes di area terlarang.

Ini akan menjadi kenangan buruk bagi Eteki, karena dia baru bermain selama 2 menit ketika melakukan pelanggaran, masuk menggantikan Maxime Gonalons, dan mendapat kartu kuning.

Dengan hasil ini, kekalahan dengan selisih satu gol pun di leg kedua di Old Trafford pekan depan tak mengusik langkah pasukan Ole Gunnar Solskjaer ke semifinal.

Roma juga menang tandang. Wakil Italia itu menundukkan tuan rumah Ajax di Johan Cruyff Arena di Amsterdam, Belanda, dengan skor tipis 2–1.

Davy Klaasseen membuka keunggulan tuan rumah 7 menit menjelang rehat dan ketika babak kedua berjalan 8 menit berpeluang menggandakan keunggulan, tetapi eksekusi penalti kapten tim Dusan Tadic gagal membuahkan gol kedua.

Sebaliknya, 4 menit kemudian Roma sukses mencetak gol penyeimbang pada menit ke-57 lewat Lorenzo Pellegrini dan 4 menit menjelang laga usai Roger Ibanez membalikkan skor menjadi 1–2 untuk keunggulan tamu.

Hasil ini memudahkan Roma memasuki laga leg kedua di Stadion Olipico di Roma pekan depan. Bahkan kekalahan 0–1 di leg kedua pun tak menghalangi langkah tim ibu kota Italia itu untuk lolos ke semfinal berkat keunggulan gol tandang.

Kemenangan tandang juga milik wakil La Liga Spanyol Villarreal. Kapal Selam Kuning menang 1–0 atas tuan rumah Dinamo Zagreb di Stadion Maksimir di Zagreb, Kroasia, berkat gol penalti Gerard Moreno 2 menit menjelang babak pertama berakhir.

Sementara itu, Arsenal justru hanya bisa seri 1–1 ketika menjamu wakil Republik Cheska Slavia Praha di Stadion Emirates di London, Inggris.

Arsenal seperti bakal menang ketika Nicolas Pepe—yang baru 8 menit bermain menggantikan Bukayo Saka—mencetak gol pada menit ke-86, tetapi pada injury time tim tamu berhasil melesakkan gol balasan melalui pemain belakang Tomas Holes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : UEFA.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper