Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

West Brom Pecat Pelatih Slaven Bilic Meski Tahan Imbang ManCity

West Bromwich Albion memecat pelatih asal Kroasia Slaven Bilic meski terakhir dia membawa tim asuhannya menahan imbang Manchester City di Etihad.
Slaven Bilic/Reuters
Slaven Bilic/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Pelatih kepala West Bromwich Albion Slaven Bilic dipecat setelah 18 bulan bertugas, dengan klub terdampar di urutan ke-19 klasemen sementara Liga Primer Inggris.

The Baggies hanya mengumpulkan 7 poin dari 13 pertandingan liga, dengan delapan kekalahan, meskipun mereka terakhir secara mengejutkan mendapatkan hasil imbang 1–1 di markas Manchester City.

Asisten pelatih Dean Racunica dan Danilo Butorovic juga hengkang, begitu pula pelatih tim utama Julian Dicks.

Sebuah pernyataan klub berterima kasih kepada Bilic dan staf pelatihnya "atas upaya mereka mencapai promosi musim lalu".

Bilic, 52 tahun dan berkebangsaan Kroasia, menandatangani kontrak berdurasi 2 tahun ketika dia mengambil alih tim yang bermarkas di The Hawthorns itu pada Juni 2019, menggantikan Darren Moore.

Dia membimbing tim yang kerap kali disebut sebagai Albion untuk promosi pada hari terakhir musim lalu, saat mereka finis kedua di Championship di belakang Leeds United.

Namun, mereka hanya memenangkan satu pertandingan Liga Primer musim ini, mengalahkan klub penghuni dsar klasemen Sheffield United 1–0 pada 28 November lalu.

Setelah seri di Manchester City, West Brom sedang mempertimbangkan apakah akan memecat Bilic atau tidak dan hasilnya, dia harus pergi.

Hasil imbang di markas City itu menjadi pertandingan Liga Primer ke-100 bagi Bilic sebagai pelatih. Dia memimpin West Ham dari Juni 2015 hingga November 2017, membawa klub ke kompetisi Eropa saat mereka finis ketujuh pada musim penuh terakhirnya, mencatat posisi tertinggi mereka sejak 2002.

Sebelumnya, dia memimpin Timnas Kroasia ke dua Piala Eropa (Euro), dengan penampilan perempat final pada 2008 setelah mereka mengalahkan Inggris di kualifikasi.

Dia juga pernah bertugas sebagai pelatih kepala di Hajduk Split (Kroasia), Lokomotiv Moskwa (rusia), Besiktas (Turki), dan Al-Ittihad (Arab Saudi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : BBC
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper