Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Final Copa del Rey Bilbao vs Sociedad Bakal Disaksikan Penonton

Pertandingan final Piala Raja Spanyol (Copa del Rey) akan digelar dengan disaksikan langsung penonton di stadion. Namun, gelaran itu ditunda hingga kondisi aman dari pandemi corona.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 05 Mei 2020  |  10:24 WIB
Trofi Copa del Rey - Betstudy.com
Trofi Copa del Rey - Betstudy.com

Bisnis.com, JAKARTA – Federasi Sepak Bola Spanyol, Real Federación Española de Fútbol (RFEF) mendukung penundaan laga final Piala Raja (Copa del Rey) antara Athletic Bilbao dan Real Sociedad sampai aman bagi penggemar untuk hadir.

Sebelumnya pada Senin (4/5/2020), kedua klub Basque merilis pernyataan bersama yang menyatakan keinginan mereka untuk menunda laga sampai tanggal yang cocok bagi penggemar kedua klub untuk bisa menyaksikan di stadion.

Seluruh agenda sepak bola dunia memang tengah tertangguhkan akibat penerapan karantina wilayah secara penuh (lockdown) ataupun parsial sebagai upaya mencegah penularan virus corona jenis Covid-19.

Sebagaimana diuraikan oleh Marca dan dikutip Football Espana pada Senin tengah malam WIB, RFEF kini menawarkan dukungan dan persetujuan mereka untuk proposal tersebut dan memastikan bahwa itu akan diadakan "pada waktu yang tepat selama 2020 atau 2021, sebelum akhir musim berikutnya”.

Ini adalah derby Basque pertama di ajang Copa, dan klub-klub memilih untuk tidak memainkan permainan sampai para penggemar dapat dengan aman menghadiri pertandingan yang kemungkinan baru berlangsung setahun lagi atau lebih.

Sebagaimana diuraikan oleh El Mundo Deportivo, Union of European Football Associations (UEFA) telah menyatakan bahwa tempat Liga Europa yang tersisa akan menjadi milik peringkat ketujuh di La Liga jika final Copa tidak dimainkan musim ini.

Valencia saat ini menempati posisi ketujuh di klasemen La Liga dan posisinya akan langsung masuk ke Liga Europa jika final Copa tidak digelar. Artinya Athletic, yang ada di posisi ke-10 klasemen sementara La Liga, berpotensi kehilangan tiket ke Liga Europa.

Sementara itu, Sociedad, yang menghuni peringkat keempat klasemen sementara La Liga, masih memelihara peluang ke Liga Champions atau minimal ke Liga Europa.

Meski begitu, gelandang Bilbao Ibai Gomez mengaku lebih suka bermain di final Copa del Rey dengan kehadiran fan di stadion daripada menang di final tanpa penonton karena laga segera digelar sehingga lolos ke Liga Europa.

"Saya lebih suka opsi itu [tidak ke Liga Europa tapi final Copa disaksikan penonton di stadion] daripada bermain Liga Eeropa [karena menang di final tapi tanpa disaksikan langsung pendukung],." Kata Ivai Gomez pada acara El Partidazo dari Cadena Cope seperti dikutip Marca.

Real Sociedad dan Athletic Bilbao melaju ke final Copa setelah menaklukkan dua raksasa, Real Madrid dan Barcelona, di perempat final pada awal Februari lalu.

Sociedad menaklukkan Real Madrid justru di Stadion Santiago Berbabeu di Madrid dengan skor 4 – 3, sedangkan Bilbao yang bettindak sebagai tuan rumah mengatasi runner-up musim lalu Bar celona 1 – 0.

Di semifinal, Bilbao mengatasi Granada—yang di perempat final mengalahkan juara bertahan Valencia—dengan skor agregat 2 – 2 dan melaju ke final berkat keunggulan gol tandang. Sementara itu, di semifinal Sociedad mengalahkan Mirandes—tim Segunda (divisi 2) dengan skor agregat 3 – 1.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Liga Spanyol copa del rey Virus Corona

Sumber : Football Espana

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top