Hasil Piala Afrika, Senegal & Pantai Gading Lolos ke 16 Besar

Senegal dan Pantai Gading lolos ke babak 16 besar Piala Afrika 2019 yang berlangsung di Mesir.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 02 Juli 2019  |  10:56 WIB
Hasil Piala Afrika, Senegal & Pantai Gading Lolos ke 16 Besar
Dua pemain andalan Aljazair, Islam Slimani (kiri) dan Andy Delort, merayakan kemenangan atas Tanzania. - CAFOnline.com

Bisnis.com, JAKARTA – Senegal mengikuti jejak Aljazair lolos sebagai wakil Grup C, sedangkan Pantai Gading mengikuti langkah Maroko sebagai wakil Grup D lolos ke babak 16 besar Piala Afrika 2019 di Mesir.

Dalam pertandingan Grup C di Stadion 30 Juni di Kairo pada Selasa (2/7/2019) dini hari WIB, Senegal menggasak Kenya dengan skor telak 3-0 dengan dua gol di antaranya dicetak ujung tombak Liverpool Sadio Mane.

Ketiga gol terjadi pada babak kedua setelah Mane gagal memaksimalkan peluang penalti untuk menjadi gol pada menit ke-29 setelah tendangannya dipatahkan kiper lawan Patrick Matasi.

Ismaila Sarr, yang sehari-hari merumput bersama klub Ligue 1 Prancis Stade Rennais, membuka kebuntuan dengan membawa Senegal unggul 1 - 0 pada menit ke-63.

Berselang 8 menit kemudian Mane menggandakan keunggulan Senegal dan dia membayar kesalahan dari titik penalti pula untuk mencetak gol ketiga pada menit ke-78.

Di pertandingan lagi di Grup C yang berlangsung pada saat bersamaan di Stadion Al Salam, Aljazair, yang sebelum laga dimulai telah memastikan diri lolos ke 16 besar, menggasak Tanzania juga dengan skor 3 - 0.

Tiga gol kemenangan Aljazair tak lepas dari kecemerlangan penyerang klub Turki Fenerbahce Islam Slimani. Mantan lini depan Leicester City dan Newcastle United itu menyumbang satu gol dan dua assist.

Dia membuka keunggulan Aljazair pada menit ke-34 dengan assist gelandang Napoli Adam Ounas dan kemudian berbalik memasok assist untuk dua gol Adam Ounas pada menit ke-39 dan 45.

Dengan hasil dua laga itu, Aljazait menjuarai Grup C dengan nilai 9, diikuti Senegal 6, keduanya melaju ke 16 besar, Kenya dengan nilai 3 di slot ketiga, dan Tanzania di dasar klasemen tanpa nilai karena selalu kalah.

Kenya masih berpeluang lolos ke 16 besar sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik, menunggu hasil pertandingan grup-grup lain.

Dari Grup D, Pantai Gading lolos ke 16 besar sebagai runner up mendampingi Maroko yang telah lebih dahulu dipastikan lolos.

Bermain di Stadion 30 Juni sebelum Senegal mengalahkan Kenya, Pantai Gading menghantam Namibia dengan skor telak 4 - 1.

Keempat gol Pantai Gading dilesakkan Mark-Alain Gradel (39’), Geoffrey Serey Die (58’), Wilfred Zaha (84’), dan Gnaly Albert Maxwel Cornet (89’), sedangkan satu-satunya gol hiburan Namibia dicetak Joslin Kamatuka (71’).

Di laga lain Grup D yang digelar di Stadion Al Salam sebelum pertandingan Aljazair kontra Tanzania, Maroko, yang telah lolos ke 16 besar sebelum pertandingan dimulai, menundukkan Afrika Selatan 1 - 0 berkat gol semata wayang Moubarak Boussoufa hanya semenit sebelum pertandingan usai.

Dengan hasil dua laga itu, Maroko memuncaki klasemen akhir Grup D dengan nilai 9, diikuti Pantai Gading 6, keduanya melaju ke perdelapan final, slot ketiga diisi Afrika Selatan yang masih bisa lolos ke 16 besar dengan status salah satu peringkat ketiga terbaik, dan Namibia di dasar klasemen tanpa nilai.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
piala afrika, Timnas Pantai Gading, Timnas Senegal, Timnas Aljazair, Timnas Maroko

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top