Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Respek! Aljazair Tunda Semua Pertandingan demi Solidaritas Palestina

Federasi Sepak Bola Aljazair (FAF) mengumumkan penundaan seluruh kompetisi sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina yang digempur oleh Israel.
Solidaritas Palestina, Aljazair tunda semua pertandingan sepak bola/REUTERS-Mutasem Murtaja
Solidaritas Palestina, Aljazair tunda semua pertandingan sepak bola/REUTERS-Mutasem Murtaja

Bisnis.com, SOLO - Federasi Sepak Bola Aljazair (FAF) mengumumkan penundaan seluruh kompetisi sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina yang digempur oleh Israel.

Aljazair menyerukan dukungan terhadap Palestina lewat sepak bola. Federasi Sepak Bola Aljazair (FAF) merilis pernyataan khusus sebagai penghormatan untuk rakyat Palestina.

FAF juga mengutuk serangan zionis Israel di Gaza yang mengakibatkan banyak warga Palestina meninggal dunia.

"Mengekspresikan solidaritas kepada saudara-saudara Palestina yang menentang dan untuk menghormati kenangan para martir terhormat dan mulia yang menjadi korban serangan kejam Zionis yang dilakukan di sektor Gaza terhadap penduduk di Palestina yang diduduki, FAF telah memutuskan untuk menangguhkan semua kompetisi dan pertandingan sepak bola, hingga pemberitahuan lebih lanjut," tulis pernyataan FAF, Rabu (18/10/2023).

FAF resmi menunda seluruh kompetisi sepak bola di Aljazair hingga waktu yang tidak ditentukan, atau setidaknya hingga situasi di Palestina kondusif.

Tak hanya itu saja, FAF juga menyatakan kesediaannya untuk menjadi markas Palestina dalam menggelar pertandingan internasional.

Palestina dijadwalkan turun di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Kualifikasi Piala Asia 2027 pada November mendatang.

Timnas Palestina akan bertandang ke Lebanon pda 16 November dan menjamu Australia pada 21 November di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Laga kontra Lebanon digelar di Uni Emirat Arab (UEA), sedangkan partai kontra Australia belum ditentukan tempatnya.

Karena kondisi Palestina yang tidak memungkinkan menggelar pertandingan sepak bola, Aljazair bersedia menjadi tuan rumah.

"Presiden FAF, Walid Sadi, mengumumkan bahwa negara kami akan menjadi tuan rumah resmi pertandingan Palestina-Australia, dijadwalkan November (nanti)," bunyi pernyataan FAF.

FAF menambahkan, mereka juga siap menanggung seluruh biaya akomodasi dan transportasi selama timnas Palestina berlaga di Aljazair.

Selain itu, FAF siap memberikan tempat untuk seluruh laga kandang Palestina, baik resmi maupun tak resmi, dalam persiapan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2027.

FAF telah menerima permintaan dari Palestina untuk menjadi tuan rumah. Namun, FAF harus menunggu izin dari FIFA untuk merealisasikan rencana tersebut.

Palestina memiliki stadion nasional yang terletak di Tepi Barat. Karena konflik menghadapi Israel, Federasi Sepak Bola Palestina meminta Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk mencarikan arena netral dalam laga kandang menghadapi Australia.

Konflik dengan Israel membuat Palestina batal berpartisipasi di Piala Merdeka 2023 yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, pekan lalu.

Skuad Palestina tak bisa melakukan perjalanan ke Malaysia karena konflik yang berkecamuk di Gaza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper