Hajar Tampines Rovers 4-2, Persija Lolos Wakili Grup H AFC Cup

Persija Jakarta lolos ke fase knock out Piala AFC (setelah menaklukkan tuan rumah Tampines Rovers dengan skor 4-2 dalam matchday terakhir Grup H di Stadion Jalan Besar di Singapura.
M. Syahran W. Lubis | 24 April 2018 21:09 WIB
Bomber Persija Jakarta Marko Simic - Antara/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA – Persija Jakarta lolos ke fase knock out Piala AFC (Asian Football Confederation) setelah menaklukkan tuan rumah Tampines Rovers dengan skor 4-2 dalam matchday terakhir Grup H di Stadion Jalan Besar di Singapura.

Sebagaimana disiarkan secara langsung oleh RCTI, pertandingan pada Selasa malam (24/4/2018) memang didominasi skuat berjuluk Macan Kemayoran.

Dominasi bukan hanya terjadi di lapangan, tetapi juga di tribun penonton. Para pendukung Persija datang dari Jakarta dan menguasai stadion yang berlokasi di Kallang di pusat negara kota Singapura lantaran lawan memang minim pendukung.

Persija membuka skor pada ment ke-23 melalui tendangan Rezaldi Hehanusa dari dalam kotak penalti. Sebelum membidik ke gawang Tampines, Rezaldi sempat mengontrol bola lambung dari Riko Simanjuntak, mengelabui satu pemain lawan, dan mengakhiri dengan tendangan yang menjebol gawang tuan rumah yang dikawal kiper Mohammad Haikal.

Tampines Rovers sempat memasok gol balasan hanya berselang 4 menit kemudian ketika Jordan Weeb menanduk bola umpan sepak pojok yang dilepas Yasir Hanapi.

Namun, skor ketika turun minum sudah 1-2 untuk Persija setelah bomber Marko Simic melepas tendangan keras jarak pendek setelah menerima assist kembali dari Riko Simanjuntak.

Memasuki babak kedua, baru berjalan 6 menit, serangan balik Persija kembali membuahkan gol. Lagi-lagi Riko Simanjuntak menjadi penentu gol. Menggocek bola di dalam kotak penalti, pemain mungil tetapi lincah itu menyodorkan bola pendek ke Novri Setiawan yang berdiri lebih bebas dan mengakhiri dengan tendangan keras menerpa jarimg gawang tuan rumah, 1-3.

Persija menambahi satu gol lagi pada menit ke-72 melalui tendangan Addison Oliveira sehingga skor 1-4 dan tampines hanya bisa menambah sebiji gol melalui sundulan kepala Fazrul Nawaz 10 menit menjelang usai.

Addison merupakan pemain pengganti. Ketika mencetak gol, dia baru bermain selama 9 menit menggantikan Marko Simic.

Dengan hasil itu, Persija lolos ke fase knock out sebagai juara Grup H dengan nilai 13, sedangkan di tempat kedua ada klub Vietnam Song Lam Nghe Ahn dengan nilai 10 setelah pada saat bersamaan menyerah dari tuan rumah Johor Darul Ta’zim 2-3 di Johor Bahru.

Johgor menempati posisi ketiga klasemen akhir juga dengan nilai 10, tetapi kalah head to head dengan Song Lam. Adapun posisi dasar klasemen diisi Tampines Rovers dengan nilai 1.

Catatan tambahan, Song Lam masih mungkin lolos ke fase kncok out sebagai runner up terbaik zona Asia Tenggara apabila di Grup F Home United (Singapura) kalah dari Ceres (Filipina) dengan selisih minimal empat gol dalam pertandingan yang digelar pada Rabu (25/4/2018).

Tag : afc cup, persija
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top