Persebaya Surabaya Kembali ke Kompetisi Teratas Sepak Bola Indonesia

Persebaya Surabaya kembali ke kompetisi teratas sepak bola Indonesia setelah dalam semifinal Liga 2 2017 menundukkan Martapura FC dengan skor 3-1.
M. Syahran W. Lubis | 25 November 2017 17:57 WIB
Para pemain Persebaya Surabaya mendapat sambutan suporter selepas memastikan promosi ke Liga 1 musim depan. - Liga-Indonesia.id

Bisnis.com, JAKARTA - Persebaya Surabaya kembali ke kompetisi teratas sepak bola Indonesia setelah dalam semifinal Liga 2 2017 menundukkan Martapura FC dengan skor 3-1.

Bertarung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Sabtu petang (25/11/2017), sebagaimana disiarkan secara langsung oleh TV One, skuat berjuluk Bajul Ijo memang mendominasi pertandingan.

Gol Persebaya tercipta pada menit ke-25. Gol berasal dari titik penalti, setelah pemain belakang Martapura tertangkap handsball di kotak terlarang.

Eksekusi penalti yang dilepaskan Irfan Jaya tidak mampu ditahan kiper Martapura FC, Juni Irawan. Persebaya unggul 1-0.

Persebaya menggandakan keunggulan pada menit ke-39 lewat tendangan bebas, kembali dari Irfan Jaya.

Tendangan bebas yang tidak tinggi dan cukup jauh dari kotak penalti itu mampu meluncur ke gawang Martapura FC.

Pandangan dan upaya antisipasi dari kiper Juni Rawan terusik oleh pergerakan dari kerumunan pemain kedua tim di depan mulut gawang Martapura FC, namun bola tak tersentuh satu pemain pun dan masuk di sudut kiri bawah gawang tim dari Kalimantan Selatan tersebut.

Memasuki babak kedua intensitas pertandingan bertambah tinggi. Martapura FC berhasil memperkecil ketinggalan pada menit ke-55 ketika Reza Saputra berhasil mencetak gol.

Gol Reza cukup indah. Menerima bola di garis penalti, dia kemudian mengelabui tiga pemain Persebaya termasuk kiper Miswar Saputra dan kemujdian menceploskan bola ke gawang kosong.

Namun, hanya 3 menit berselang, Persebaya mampu memulihkan kelunggulan selisih dua gol, kali ini melalui gol sundulan Rishadi Fauzi dari jarak dekat. Skor akhir 3-1.

Dengan hasil itu, Persebaya, tim ibu kota Jawa Timur yang pernah menjadi juara nasional di era Perserikatan sebanyak lima kali pada 1941, 1951, 1952, 1978, dan 1988, kembali ke kompetisi teratas yang kini bernama Liga 1.

Dua tim lainnya akan berebut satu tiket promosi ke Liga 1 pada Sabtu malam ini yakni PSMS Medan melawan PSIS Semarang.

Dua tim yang kalah di semifinal, salah satunya telah dipastikan Martapura FC, tetap berpeluang promosi ke Liga 1 jika bisa memenangi laga perebutan tempat ketiga.

Pertandingan final dan perebutan tempat ketiga juga bakal digelar di Stadion GBLA yang dijadwalkan berlangsung pada Selasa (28/11/2017).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
persebaya, psms, psis, Liga 1, Liga 2

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top