Hasil Liga Spanyol: Menang 3-0, Barca Geser Madrid Lagi di Pucuk Klasemen

Barcelona kembali merebut posisi teratas klasemen sementara Divisi Primer La Liga setelah menundukkan tuan rumah Espanyol dalam derby Katalunya.
M. Syahran W. Lubis | 30 April 2017 06:34 WIB
Striker Barcelona Luis Suarez merayakan golnya ke gawang Espanyol - Reuters/Albert Gea

Bisnis.com, JAKARTA - FC Barcelona kembali merebut posisi teratas klasemen sementara Divisi Primer La Liga setelah menundukkan tuan rumah Espanyol 3-0 dalam derby Katalunya di pekan ke-35 pada Minggu dini hari WIB (30/4/2017).

Di Stadion RCDE di Cornella de Llobregat, Barcelona, tuan rumah Espanyol menyerah akibat tiga gol Barca yang dilesakkan Luis Suarez pada menit ke-50 dan 87, serta satu dari Ivan Rakitic pada menit ke-76.

Setelah sejumlah peluang Barca gagal dimaksimalkan pada 45 menit babak pertama, memasuki babak kedua gempuran kembali digencarkan Lionel Messi dan kawan-kawan.

Namun, gol pertama berbuah bukan dari serangan gencar Barca, melainkan akibat kesalahan pemain Espanyol Jose Jurado yang berada dalam tekanan pemain Barca di lapangan tengah, yang kemudian memberi bola ke belakang kepada rekannya yang lebih bebas.

Namun, Luis Suarez berhasil memotong bola backpass tersebut dan langsung melepas tendangan keras yang gagal diselamatkan kiper tuan rumah Diego Lopez. Skor berubah 1-0 untuk tamu.

Pada menit ke-60, Neymar da Silva Jr. hampir menggandakan keunggulan Barca, tetapi tendangannya dari dalam kotak penalti masih dapat ditepis kiper Lopez dan bola hanya tipis melintas di atas mistar gawang untuk menjadi sepak pojok.

Madrid tetap berpeluang lebih besar tampil sebagai juara, karena masih punya satu laga tunda

Rakitic menggandakan keunggulan tim tamu pada menit 76 setelah menjebol gawang Espanyol dengan tendangan mendatar menyilang dari dalam kotak penalti setelah menerima sodoran pendek dari Messi. Bidikan Rakitic sebenarnya tak terlalu keras, namun kiper Lopez telah mati langkah dan bola bersarang di sutu kiri gawangnya.

Barca akhirnya pulang dengan kemenangan telak setelah pada menit 87 Suarez kembali mencetak gol. Sebenarnya bola umpan lambung Messi masih berpeluang disapu oleh bek Espanyol Aaron Martin, namun dia melakukan kesalahan mendasar dengan tidak tepat menendang bola.

Bola liar segera disambar Suarez untuk menghasilkan gol keduanya atau gol ketiga Barca dalam laga yang dipimpin wasit Alberto Undiano tersebut. Skor akhir 3-0.

Dengan kemenangan itu, Barca kembali ke pucuk klasemen dengan nilai sama-sama 81 dengan Real Madrid. Barca unggul head to head dan juga selisih gol sehingga menempati posisi teratas dan Madrid kedua. Meski begitu, Madrid tetap berpeluang lebih besar untuk tampil sebagai juara musim ini, karena masih mempunyai satu laga tunda.

Sementara itu dalam pertandingan di Stadion Gran Canaria di Kepulauan Kenar di perairan sebelah barat Afrika, tuan rumah Las Palmas dihabisi tamunya Atletico Madrid 0-5 akibat gol-gol yang dikontribusi Kevin Gameiro (2’, 18’), Saul Niguez (17’), Thomas Partey (72’), dan Fernando Torres (90+1’).

Tambahan angka penuh membuat Atletico menjauhi Sevilla dalam perebutan tiket otomatis masuk fase grup Liga Champions Eropa musim depan. Atletico dengan nilai 71 di posisi ketiga, sedangkan Sevilla di posisi keempat dengan 3 angka di belakangnya.

Hanya tiga tim teratas di klasemen akhir La Liga Spanyol yang berhak mendapat jatah tiket langsung masuk fase grup Liga Champions, sedangkan tim yang finis di peringkat keempat harus berjuang melalui jalur playoff melawan wakil negara lain untuk masuk fase grup.

Hasil pertandingan pekan ke-35 hingga Minggu dini hari WIB: Villarreal 3 vs Sporting Gijon 1; Real Sociedad 2 vs Granada 1; Real Madrid 2 vs Valencia 1; Las Palmas 0 vs Atletico Madrid 5; Espanyol 0 vs Barcelona 3.

Jadwal berikutnya (dalam WIB):

Minggu, 30 April:

17:00   Osasuna vs Deportivo La Coruna

21:15   Real Betis vs Deportivo Alaves

23:30   Eibar vs Leganes

Senin, 1 Mei:

01:45   Celta Vigo vs Athletic Bilbao

Selasa, 2 Mei:

02:00   Malaga vs Sevilla.

Sumber : Reuters

Tag : real madrid, barcelona, liga spanyol, atletico madrid
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top