Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERSIB VS KITCHEE: Ini Profil Lawan & Kenangan Indah Rochy Putiray

Persib Bandung akan menjamu klub Hong Kong Kitchee SC dalam pertandingan babak 16 besar Piala AFC (Asian Football Confederation) yang dijadwalkan berlangsung pada Rabu (27/5/2015) mulai pk. 15:00 WIB di Stadion Si Jalak Harupat di Soreang, Kabupaten Bandung.
Kitchee SC/Sports Keeda
Kitchee SC/Sports Keeda

Bisnis.com, JAKARTA - Persib Bandung akan menjamu klub Hong Kong Kitchee SC dalam pertandingan babak 16 besar Piala AFC (Asian Football Confederation) yang dijadwalkan berlangsung pada Rabu (27/5/2015) mulai pk. 15:00 WIB di Stadion Si Jalak Harupat di Soreang, Kabupaten Bandung.

Pertandingan yang akan disiarkan secara langsung oleh RCTI tersebut merupakan satu-satunya laga babak 16 besar yang dijalani kedua tim, karena AFC menetapkan dalam turnamen ini fase perdelapan besar ini hanya menggunakan leg tunggal dengan tim yang menjadi juara grup sebagai tuan rumah.

Dengan demikian, pertarungan yang akan dipimpin oleh wasit Dmitriy Mashentsev dari Kirgizstan merupakan laga hidup mati bagi kedua tim yang tentu ingin terus melanjutkan kiprahnya dalam turnamen antarklub federasi anggota AFC level kedua setelah Liga Champions Asia ini.

Kitchee SC, calon lawan Persib, bukan tim sembarangan. Tim besutan pelatih asal Spanyol Jose Francisco Molina Jimenez baru saja menjuarai Liga Primer Hong Kong. Ini menunjukkan kekuatan tim yang bermarkas di Stadion Mong Kok tersebut.

Terdapat sejumlah pemain yang patut diwaspadai oleh Persib antara lain Borja Rubiato Martinez, Lam Ka Wai, dan Lo Kwan Yee.

Borja adalah mantan striker sejumlah tim yang di Spanyol sempat berkiprah di Divisi Primer La Liga yakni Cadiz, Huesca, dan Real Oviedo. Di tiga klub tersebut dia main dalam tim utama.

Masih di Spanyol, pemain berusia 30 tahun itu sempat bermain di tim pelapis klub-klub besar yakni Atletico Madrid B, Getafe B, dan Osasuna B.

Sementara itu Lam Ka Wai adalah salah satu pemain senior yang menjadi andalan bukan hanya di level klub, namun juga Timnas Hong Kong. Berusia 29 tahun, Lam merupakan gelandang serang yang cukup produktif.

Dia mengontribusi 7 gol dalam 30 pertandingan untuk Timnas Hong Kong dan untuk Kitchee telah bermain dalam 66 pertandingan dan mencatatkan 11 gol.

Sedangkan Lo Kwan Yee adalah kapten sekaligus playmaker Kitchee. Bukan hanya sebagai pengatur serangan, Lo juga gelandang yang mampu memberi sumbangan bagus dalam soal mencetak gol.

Bersama Kitchee, pemain berusia 30 tahun itu bermain dalam 85 pertandingan dengan catatan 9 gol. Sementara untuk Timnas Kong dia menyumbang 7 gol dari 37 pertandingan.

Berbicara mengenai Kitchee, tak absah jika tidak mengenang kehebatannya menundukkan AC Milan dan Juventus.

Kitchee menundukkan Milan dengan skor tipis 2-1 dalam pertandingan persahabatan di Hong Kong pada 30 Mei 2004 dan catatan khusus mengenai hal ini ialah mantan pemain Timnas Indonesia Rochy Melkiano Putiray-lah yang mencetak dua gol untuk Kitchee.

Sayangnya, reporter asing yang melakprkan jalannya pertandingan yang ketika itu disiarkan secara langsung oleh Lativi tidak paham bahwa Rochy adalah orang Indonesia dan sang reporter beberapa kali menyebutkan Rochy dari El Salvador.

Rochy sendiri memang sempat bermain untuk beberapa klub Hong Kong. Selain Kitchee, di Hong Kong juga sempat memperkuat Instant-Dict FC, Happy Valley, dan South China.

Kitchee juga sempat membuat sejarah klub dengan menundukkan Juventus. Itu terjadi pada 4 Juni 2005 dalam pertandingan persahabatan di Hong Kong. Kitchee menang melalui adu penalti 5-3 setelah dalam 90 menit imbang 2-2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper