Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HASIL COPA LIBERTADORES: River Plate Terancam Tersingkir

Salah satu klub legendaris Argentina River Plate terancam tersisih dari ajang Copa Libertadores karena hanya bisa bermain imbang dengan skor 2-2 melawan tuan rumah Tigres UANL dalam pertandingan Grup 6 pada Kamis WIB (9/4/2015).
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 09 April 2015  |  20:31 WIB
Striker klub Argentina River Plate asal Kolombia Teofilo Gutierrez mengontrol bola saat timnya bertanding melawan klub Meksiko Tigres UANL. Permainan cemerlangnya membawa River Plate mampu mengejar ketinggalan 0-2 menjadikan hasil akhir 2-2. - Reuters/Daniel Becerril
Striker klub Argentina River Plate asal Kolombia Teofilo Gutierrez mengontrol bola saat timnya bertanding melawan klub Meksiko Tigres UANL. Permainan cemerlangnya membawa River Plate mampu mengejar ketinggalan 0-2 menjadikan hasil akhir 2-2. - Reuters/Daniel Becerril

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu klub legendaris Argentina River Plate terancam tersisih dari ajang Copa Libertadores karena hanya bisa bermain imbang dengan skor 2-2 melawan tuan rumah Tigres UANL dalam pertandingan Grup 6 pada Kamis WIB (9/4/2015).

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Universitario de Nuevo Leon di San Nicolas de los Garza, Meksiko, River Plate bahkan sempat tertinggal 0-2 dan baru bisa menyamakan skor pada 5 menit terakhir berkat penampilan cemerlang striker Timnas Kolombia Teofilo Gutierrez.

Gelandang Timnas Uruguay Egidio Arevalo membuka skor untuk keunggulan tuan rumah pada menit ke-12 dengan tendangan keras dari luar kotak penalti yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang River Plate setelah menerima umpan pendek dari Joffre Guerron.

Tuan rumah menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-69 melalui Damian Alvarez memanfaatkan bola rebound dari kiper River Plate Marcelo Barovero yang tidak sempurna memotong bola yang tengah berada di kaki Israel Jimenez.

River Plate mampu membalas dengan dua gol pada menit-menit akhir, tidak terlepas dari permainan ciamik Teofilo Gutierrez.

Pada menit ke-87 Gutierrez memanfaatkan bola rebound hasil tendangan pemain asal Uruguay Carlos Sanchez yang diblok kiper Tigres asal Argentina Nahuel Guzman dan 3 menit kemudian Gutierrez memberi assist bagi pemain asal Uruguay Rodrigo Mora menyamakan skor jadi 2-2 melalui tendangan keras dari dalam kotak penalti.

Hasil itu meloloskan Tigres ke babak 16 besar. Sebaliknya bagi River Plate, tambahan hanya satu angka membuat skuat asuhan Marcelo Gallardo terancam tersingkir, karena hanya menuai angka 4 hasil dari empat kali seri dan sekali kalah.

River Plate masih berpeluang lolos apabila dalam pertandingan terakhir pada Kamis pagi WIB (16/4/2015) bisa menaklukkan tamunya klub Bolivia San Jose dan pada saat bersamaan klub Peru Juan Aurich kalah di kandang sendiri dari Tigres yang telah lolos ke 16 besar. Dengan demikian, nilai River Plate 7, sedangkan Juan Aurich 6.

Skenario lainnya, Juan Aurich dan Tigres bermain seri, tetapi River Plate harus menang dengan selisih minimal dua gol. Dengan demikian, nilai River Plate dan Juan Aurich sama-sama 7, namun River Plate menempati posisi runner up karena unggul selisih satu gol saja.

River Plate adalah 36 kali juara Liga Argentina serta dua kali juara Copa Libertadores pada 1986 dan 1996. River Plate saat ini juga berstatus sebagai juara Copa Sudamericana, kompetisi antarklub Amerika Selatan level kedua setelah Copa Libertadores, dan juara Recopa Sudamericana (Piala Super Amerika Selatan).

Klasemen sementara Grup 6 (main, menang, seri, kalah, gol memasukkan, gol kemasukan, selisih gol, nilai):

Tigres UANL

5

3

2

0

11

3

+8

11

Juan Aurich

5

1

3

1

5

6

-1

6

River Plate

5

0

4

1

5

7

-2

4

San José

5

1

1

3

3

8

-5

4

Copa Libertadores merupakan turnamen level tertinggi antarklub negara-negara anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Confederacion Sudamericana de Futbol/Conmebol) yang juga melibatkan klub Meksiko sebagai tim tamu.

Sebanyak 32 peserta terlibat dalam fase grup yang dibagi menjadi delapan grup yang masing-masing berisi empat klub. Keempat klub itu akan berkompetisi dengan sistem round robbin atau masing-masing bertemu dua kali home and away.

Dua klub teratas dalam klasemen akhir setiap grup akan lolos ke babak 16 besar atau perdelapan final yang juga akan dihelat dengan pola kandang dan tandang.

Terdapat delapan tim unggulan yang ditempatkan di setiap grup. Kedelapan klub tersebut ialah juara bertahan San Lorenzo, River Plate (Argentina), Cruzeiro, Atletico Mineiro (Brasil), Atletico Nacional Medellin (Kolombia), Emelec (Ekuador), Sporting Cristal (Peru), dan Zamora (Venezuela).

Pembagian grup Copa Libertadores 2015:

Grup 1: Atletico Mineiro (Brasil), Santa Fe (Kolombia), Colo-Colo (Chile), Atlas (Meksiko).

Grup 2: San Lorenzo (Argentina), Sao Paulo (rasil), Danubio (Uruguay), Corinthians (Brasil)

Grup 3: Cruzeiro (Brasil), Mineros de Guayana (Venezuela), Club Universitario (Bolivia), Huracan (Argentina)

Grup 4: Emelec (Ekuador), Internacional (Brasil), Universidad de Chile (Chile), The Strongest (Bolivia)

Grup 5: Zamora (Venezuela), Boca Juniors (Argentina), Montevideo Wanderers (Uruguay), Palestino (Chile)

Grup 6: River Plate (Argentina), Juan Aurich (Peru), San Jose (Bolivia), Tigres UANL (Meksiko)

Grup 7: Atletico Nacional Medellin (Kolombia), Barcelona SC (Ekuador), Libertad (Paraguay), Estudiantes (Argentina)

Grup 8: Sporting Cristal (Peru), Racing (Argentina), Guarani (Paraguay), Deportivo Tachira (Venezuela).

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas uruguay copa libertadores timnas kolombia copa sudamericana river plate

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top