Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ISL: Gawat, Hanya 3 Klub Penuhi Persyaratan

Ternyata hanya tiga dari 18 klub kontestan Indonesia Super League (ISL) 2015 yang memenuhi persyaratan administrasi yang diminta oleh Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).
Persipura/Antara-Ari Bowo Sucipto
Persipura/Antara-Ari Bowo Sucipto

Bisnis.com, JAKARTA - Ternyata hanya tiga dari 18 klub kontestan Indonesia Super League (ISL) 2015 yang memenuhi persyaratan administrasi yang diminta oleh Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).

"Sejauh ini, praktis baru tiga klub yang hampir memenuhi semua persyaratan yang diminta BOPI. Ketiga klub itu adalah Persib Bandung, Sriwijaya FC, dan Persipura Jayapura," kata Ketua Tim Verifikasi BOPI Kolonel Cba. Iman Suroso di Jakarta, Jumat.

Iman mengatakan tiga klub tersebut diklasifikasikan dalam Kategori A alias hampir memenuhi persyaratan yang diminta BOPI dengan kelengkapan dokumen 75 persen dipenuhi dan dokumen wajib telah terpenuhi seluruhnya.

Dari hasil verifikasi lanjutan kelengkapan dokumen yang disetor PT Liga pekan lalu, ketiga klub di Kategori A hanya tinggal melengkapi dokumen kegiatan sosial.

Sedangkan tiga jenis dokumen wajib yang diminta BOPI, seperti bukti pelunasan gaji pemain, pelatih dan tim ofisial, kontrak kerja profesional pemain, pelatih dan tim ofisial serta bukti pelunasan pajak sudah dipenuhi.

Sementara itu, ada tujuh klub yang masuk di Kategori B dan delapan klub yang masuk di Kategori C.

BOPI meminta dokumen wajib yang menyangkut aspek legalitas klub, keuangan dan kontrak profesional pemain dan pelatih seluruhnya harus dilengkapi klub, sedangkan kontrak pemain dan pelatih dapat dilengkapi secara bertahap.

"Persib tinggal melaporkan kegiatan sosialnya serta menyempurnakan laporan keuangan dan pajak. Sudah ada datanya, tapi belum lengkap. Untuk Persipura, kami minta kontrak pemain dan pelatih diperbaiki sekaligus melengkapi laporan pajak dan kegiatan sosial mereka selama ini," tambah Iman.

Berikut hasil verifikasi dokumen sementara klub-klub peserta kompetisi ISL 2015 oleh BOPI:

Kategori A (Kelengkapan dokumen >75% dan dokumen wajib telah terpenuhi): Sriwijaya FC, Persib Bandung, Persipura Jayapura.

Catatan: Ketiga tim belum melengkapi dokumen kegiatan sosial dan sejumlah kecil dokumen lain.

Kategori B (Kelengkapan dokumen 50-75% dan dokumen wajib telah terpenuhi): Persija Jakarta, Persela Lamongan, Persiba Balikpapan, Mitra Kukar, Barito Putra, Perseru Serui, Semen Padang.

Catatan: Perseru masih harus memperbaiki kontrak pemain/pelatih.

Kategori C (Kelengkapan dokumen <50% dan atau dokumen wajib belum terpenuhi): Pelita Bandung Raya, Arema Cronus, Gresik United, Pusamania Borneo, Bali United, PSM Makassar, Persiram Raja Ampat, Persebaya Surabaya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper