Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2014: Data dan Fakta Ulah Kontroversi Suarez

Luiz Suarez merupakan salah satu pemain dengan bakat dan karakter eksplosit di lapangan dan sering mencetak pada saat-saat krusial. Sayangnya, Suarez sering merusak reputasi baiknya itu akibat ulah dan tidak bisa mengontrol mulutnya.
 Luis Suarez/Reuters
Luis Suarez/Reuters

Bisnis.com, BRASIL - Luiz Suarez merupakan salah satu pemain dengan bakat dan karakter eksplosit di lapangan dan sering mencetak pada saat-saat krusial. Sayangnya, Suarez sering merusak reputasi baiknya itu akibat ulah dan tidak bisa mengontrol mulutnya.

Pada pertandingan penyisihan Grup D Piala Dunia tahun ini, pemain kontroversial Uruguay tersebut kembali membuat ulah dengan menggigit bahu kiri pemain Italia Georgio Chellini, dengan akhir pertandingan skor 1-0 untuk keunggulan Uruguay.

Berikut rekam jejak ulah kontroversi pemain berusia 27 tahun itu dalam beberapa pertandingan:

Pada perempat-final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan saat menghadapi Ghana, Suarez menggagalkan sundulan Dominic Adiyah dengan tangan pada menit-menit terakhir saat skor imbang 1-1. Akibatnya, pemain bintang Liverpool itu pun diusir keluar lapangan.

Tapi Ghana memang bernasib sial karena Asamoah Gyan gagal memanfaatkan tendangan penalty, sehingga pertandingan harus dilanjutkan melalui tendangan penalti yang akhirnya dimenangi Uruguay.

Usai pertandingan, Suarez pun bersorak kegirangan dan mengatakan bahwa ia telah melakukan penyelamatan,tetapi  pernyataan ini kemudian dikecam sebagai bentuk ketidak-adilan.

"Saya selalu merasa bahwa saya harus menolong tim. Saya hanya berusaha menghentikan bola dan akan lebih parah jika saya menghentikan bola dan melukai lawan. Ini hanya menghentikan bola dengan tidak melukai siapa pun, hanya usaha menghentikan bola," katanya memberikan alasan.

Selanjutnya, tiga tahun kemudian pada 2013, Suarez diganjar denda sebesar US$67.000 karena melakukan tindakan rasis terhadap pemain Manchester United Patrice Evra di Stadion Anfield.

Suarez mencoba membela diri dengan mengatakan bahwa kalimat "negrito" yang dilontarkannya kepada Evra sesungguhnya tidak berkonotasi rasis di negaranya Uruguay, tetapi pembelaan tersebut tidak bisa diterima semua orang.

Pada April 2013, Suarez dihukum skorsing sepuluh pertandingan gara-gara menggigit pemain Chelsea Branislav Ivanovic pada pertandingan Liga Utama Inggris lainnya.

Kecaman demi kecaman pun dialamatkan kepada perilaku Suarez karena dianggap bisa merusak suasana kompetisi dan membuat pemain tersebut berniat hengkang dari daratan Inggris.

Namun, pemain dengan julukan "El Pistolero" malah kembali dimainkan oleh pelatih Liverpool Brendan Rodgers setelah selesai menjalani skorsing.

Para penggemar sepak bola Inggris seperti melupakan sikap Suarez dengan penampilan gemilang di lapangan dan Suarez pun justru kemudian dinobatkan sebagai Pemain Terbaik setelah mencetak 31 gol.

Penampilan terbaik Suarez diperlihatkan saat Liverpool menggulung Cardiff 6-3 pada Maret lalu dan mencatat hatrik untuk ketiga kalinya.

Secara perlahan, kecaman yang selama ini dialamatkan kepadanya, berubah menjadi simpati ketika dirinya harus menjalani operasi lutut pada 22 Mei lalu.

Suarez berkali-kali mengatakan bahwa dirinya sangat takut jika harus mengalami nasib seperti yang dialami Theo Walcott dari Inggris dan Radamel Falcao (Uruguay) yang harus mengubur mimpi memperkuat tim nasional di Piala Dunia 2014 Brazil.

"Terus terang saya takut dengan apa yang terjadi pada Falcao dan Walcott. Tapi kita hidup pada saat sekarang dan harus memberikan yang terbaik kepada klub," katanya.

Beruntung Suarez bisa pulih kembali hanya dalam beberapa minggu kemudian. Suarez tidak dimainkan saat Uruguay dikalahkan Kosta Rika pada pertandingan pertama, tapi mencetak dua gol saat mengalahkan Inggris, Kamis lalu.

Ironisnya, Suarez menenggelamkan Inggris yang tidak lain diperkuat oleh rekan-rekannya dari Liverpool, termasuk kapten Steven Gerrrard.

Di saat kasus gigitan terhadap Chellini tersebut diselidiki oleh FIFA, beredar berita bahwa klub kaya Real Madrid dan Barcelona sudah siap-siap untuk merebut Suarez dari Liverpool.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nurbaiti
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper