Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

BISNIS.COM, JAKARTA—Partai Final Europa League akan menjadi ajang ukir sejarah bagi kedua finalis, Benfica dan Chelsea. Dalam laga yang akan dihelat di Amsterdam ArenA, Kamis (16/5/2013) dini hari, Benfica berambisi kembali menorehkan prestasi di kancah eropa sejak terakhir kali merengkuh trofi Piala Champions 51 tahun silam.

Sementara, bagi The Blues Chelsea gelar Liga Eropa musim ini bakal menasbihkan klub asal Kota London ini sebagai tim pertama yang mampu meraih dua gelar kompetisi eropa secara berurutan. Seperti yang diketahui, Chelsea merupakan juara Liga Champions Eropa 2012.

Pelatih Benfica, Juan Jesus dalam pernyataan resminya seperti yang dikutip situs UEFA.com mengatakan laga final malam nanti merupakan pertandingan terpenting dalam karirnya. “Malam nanti akan menjadi pertandingan terpenting sepanjang karirku,” tukas Jesus.

Namun, Jesus menyadari kampanye juaranya akan mendapatkan halangan berat mengingat lawan yang dihadapinya adalah mantan Juara Eropa musim lalu, terlebih armada Rafael Benitez tengah on fire menyambut satu-satunya gelar penyelamat muka Inggris diranah kompetisi Eropa.

Menilik skuad yang bakal diturunkan malam nanti, Benfica akan kehilangan Maxi Pereira yang terkena hukuman akumulasi kartu kuning, posisinya akan digantikan oleh Andre Almeida. Walaupun begitu, Jesus optimis anak asuhnya akan mampu memberikan perlawanan sengit ke kubu pertahanan The Blues.

Keadaan berbalik justru di alami kubu London Biru, Pelatih Rafael Benitez dipusingkan dengan kondisi pilar andalanya, Eden Hazard serta John Terry. Benitez belum memastikan bisa menurunkan Hazard dan Terry dalam starting XI, akan tetapi Benitez tetap menyertakan keduanya ke Amsterdam ArenaA.

Final nanti akan jadi momen emosional bagi gelandang Chelsea, Ramires. Pasalnya, Ramires akan bersua tim yang membesarkan namanya dikancah pesepakbolaan Internasional. Ramires sempat memperkuat The Eagles—Julukan Benfica periode 2009-2010. Bagi Benitez, gelar Juara Liga Eropa akan menjadi kado terindah sebelum ia lengser dari kursi kepelatihan Chelsea sekaligus membayar lunas keraguan Fans.

Statistik Jelang Laga Final

Hitung-hitungan peluang juara tak bisa lepas dari data statistik pertandingan yang telah dilakoni kedua klub. Dari lima laga terakhir, Chelsea lebih unggul dari Benfica, The Blues mengantongi empat kemenangan serta sekali imbang. Sementara Benfica mencatatkan dua kali kemenangan, sekali imbang serta dua kali menelan kekalahan.

Di kancah Eropa, Chelsea lebih superior ketimbang Benfica. Dari dua duel terakhir di Liga Champions 2011-2012, Chelsea dua kali membungkam Benfica dengan skor 2-1 dan 0-1.

Merujuk hasil statistik, bukan tak mungkin para penggila bola bakal berani bertaruh Chelsea kembali mampu melibas Benfica serta memastikan gelar Juara Europa League.        

Prakiraan susunan pemain
Benfica:Artur Moraes; Andre Gomes, Ezequiel Garay, Luisao, Lorenzo Melgarejo; Enzo Perez, Nemanja Matic; Eduardo Salvio, Lima, Nicolas Gaitan; Oscar Cardozo. Pelatih: Jorge Jesus
Chelsea: Petr Cech; Cesar Azpilicueta, Gary Cahill, Branislav Ivanovic, Ashley Cole; David Luiz, Ramires; Oscar, Frank Lampard, Juan Mata; Fernando Torres. Pelatih: Rafael Benitez

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper