Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rifda Irfanaluthfi Tahan Sakitnya Cedera ACL di Olimpiade Paris 2024

Pesenam Indonesia Rifda Irfanaluthfi menuntaskan penampilannya di Olimpiade Paris 2024 dengan menahan rasa sakit akibat cedera.
Pesenam Indonesia Rifda Irfanaluthfi mengalami cedera ACL jelang tampil di Olimpiade Paris 2024 / Instagram @rifda_irfanaluthfi
Pesenam Indonesia Rifda Irfanaluthfi mengalami cedera ACL jelang tampil di Olimpiade Paris 2024 / Instagram @rifda_irfanaluthfi

Bisnis.com, JAKARTA - Pesenam Indonesia Rifda Irfanaluthfi menuntaskan penampilannya di Olimpiade Paris 2024 dengan menahan rasa sakit akibat cedera.

Rifda Irfanaluthfi telah menyelesaikan penampilannya di Olimpiade Paris 2024 dari cabang olahraga (cabor) senam nomor all round.

Pada lomba yang digelar di Bercy Arena, Paris, Minggu (28/7/2024) malam WIB, Rifda memainkan palang bertingkat dari empat alat yang wajib dicoba dengan mencatatkan 9,166 poin.

Sepanjang penampilan, Rifda mengaku menahan rasa sakit akibat cedera di bagian meniskus dan ACL.

Bahkan, Rifda harus dibantu oleh pelatihnya, Eva Novalina, saat posisi naik dan mendarat di palang bertingkat.

"Rasanya berat banget karena untuk bisa sampai di Olimpiade ini perjalanannya tidak mudah dan panjang sekali. Latihan keras dengan menahan rasa sakit, kondisi naik turun rasanya berat banget. Saya berharap bisa tampil di empat alat, tapi cedera lagi, dari nol lagi, bisa 3 alat lagi cedera lagi, sampai tampil di palang bertingkat saja tadi," ucap Rifda Irfanaluthfi dalam keterangan KOI, Minggu (28/7/2024).

Rifda menuturkan, cederanya itu ia alami saat tampil di World Championship, pintu gerbang yang membawanya lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Pesenam berusia 24 tahun itu sempat menjalani operasi di bagian meniskus. Namun, saat ini Rifda masih mengalami cedera ACL yang belum dioperasi demi bisa tampil di Olimpiade Paris 2024.

Usai menjalani rehabilitasi, terapi, penguatan, latihan seperti biasa, bulan lalu Rifda bisa memainkan semua gerakan di semua alat.

Namun tiga minggu jelang keberangkatan ke Paris, Rifda kembali mengalami cedera. Lututnya bengkak hingga membuatnya merasakan stres.

Lebih lanjut, tiga hari menjelang keberangkatan ke Olimpiade 2024 kondisi Rifda sudah membaik dan bisa memainkan empat alat sesuai rencana pelatih.

Hanya saja setibanya di Paris, tepatnya saat sesi latihan kedua, ia kembali merasakan sakit karena cedera yang ditahannya.

"Sebenarnya saya ingin sekali tampil di Olimpiade karena ini cita-cita saya. Saya mau buat bangga semua yang sudah mendukung saya," ujarnya.

Rifda belum bisa mengambil keputusan soal masa depannya pasca Olimpiade Paris 2024. Dia juga tak menutup kemungkinan untuk pensiun sebagai atlet senam akibat cedera ACL.

"Saya mau merasakan suasana Olimpiade dulu. Mungkin saya operasi, mungkin juga tidak. Apa saya mau pensiun atau mau lanjut jadi atlet," ujar Rifda.

Rifda mengaku saat ini dirinya merasa lebih tenang karena sudah membuktikan bisa tampil di Olimpiade.

Meskipun, perjalanan Rifda dilalui dengan berat dan harus menahan rasa sakit akibat cedera sampai kompetisi selesai.

Kendati belum bisa tampil maksimal, Rifda telah mengukir prestasi sebagai atlet senam Indonesia pertama yang tampil di ajang Olimpiade.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper