Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Piala Asia 2023: Shayne Pattynama Tidak Mau Timnas Indonesia Cuma Numpang Lewat

Pemain belakang, Shayne Pattynama ingin Timnas Indonesia tampil maksimal di Piala Asia 2023 mendatang. Timnas Indonesia bergabung bersama Jepang, Irak, Vietnam.
Timnas Indonesia/PSSI
Timnas Indonesia/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Pemain belakang, Shayne Pattynama ingin Timnas Indonesia tampil maksimal di Piala Asia 2023 mendatang.

Timnas Indonesia akan berlaga di Piala Asia yang digelar di Qatar pada pada 12 Januari – 10 Februari 2024. Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak dan Vietnam.

Shayne ingin setiap lawan atau orang yang melihat penampilan timnas Indonesia dapat melihat tim yang memiliki banyak talenta.

“Target saya di Piala Asia adalah menunjukkan bahwa tim kami adalah tim dengan bakat-bakat bagus,” ucap Shayne.

Pemain berdarah Indonesia-Belanda ini ingin, Indonesia tidak hanya jadi peserta, tapi mampu bersaing denga tim lain. Terlebih mengingat calon lawan Skuad Garuda di fase grup adalah tim-tim kuat.

“Kami datang bukan hanya untuk bermain tapi untuk bersaing dengan tim lain, karena kami bermain melawan tim-tim hebat. Jadi kami harus menunjukkan kepercayaan diri, bahwa tidak mudah (bagi tim lain) melawan kami,” tambahnya.

Pemain kelahiran, Lelystad, Belada 11 Agustus 1998 ini juga menyatakan rasa bahagianya kembali bergabung dengan Timnas Indonesia. “Sebelumnya saya memang sempat liburan setelah Liga Norwegia usai, tapi saya siap untuk latihan menghadapi Piala Asia,” kata Shayne.

Shayne Pattynama merupakan salah satu pemain Timnas Indonesia yang mendapatkan kewarganegaraannya melalui proses naturalisasi. Shayne resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) usai mengucap sumpah janji pewarganegaraan pada Selasa (24/1) lalu.

Sejak menjadi WNI, Shayne tercatat telah 5 kali membela timnas Indonesia di berbagai ajang. Termasuk penampilan perdananya bersama Skuad Garuda kala menjamu Argentina pada FIFA Matchday, Senin (19/6/2023).

Terakhir Shayne membela Garuda saat Indonesia kalah 1-5 dari Irak pada kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran kedua. Gol perdananya sekaligus menjadi gol tunggal Indonesia pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Internasional Basra.

Kini Shayne kembali dipercaya oleh pelatih Shin Tae-yong ikut pemusatan latihan (TC) di Antalya, Turki. TC di Turki dijadwalkan pada 20 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : PSSI
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper