Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PSSI Usulkan 8 Stadion Venue Piala Dunia U-17, FIFA Minta 4 Saja

Ketua Umum PSSI Erick Thohir membeberkan masukan dari FIFA terkait gelaran Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.
FIFA mengisyaratkan Piala Dunia U-17 di Indonesia memakai 4 stadion/FIFA.
FIFA mengisyaratkan Piala Dunia U-17 di Indonesia memakai 4 stadion/FIFA.

Bisnis.com, SOLO - Ketua Umum PSSI Erick Thohir membeberkan masukan dari FIFA terkait gelaran Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Erick Thohir mengajak seluruh pihak mendukung persiapan putaran final Piala Dunia U-17 2023.

Persiapannya menjadi semakin mendesak karena waktu yang tersisa tinggal 100 hari lagi sebelum opening ceremony dilangsungkan di Jakarta pada November 2023.

Di sisa waktu tersebut, menurut Erick, menjadi sangat pendek mengingat terdapat berbagai catatan yang telah disampaikan FIFA.

"Hari ini, pukul 15.00 WIB tadi saya sudah bertemu dengan (perwakilan) FIFA. Dari diskusi tersebut, kami mencoba menawarkan beberapa usulan," kata Erick Thohir dalam konferensi pers di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (2/8/2023)

Dalam pertemuan dengan FIFA, Erick menawarkan agar putaran Piala Dunia U-17 2023 dilaksanakan di Jakarta untuk 2 grup, Bandung 2 grup, Surakarta 1 grup, dan Surabaya 1 grup.

"Kami usulkan timnas Indonesia main di Jakarta. Semifinal dan final digelar di Surakarta. Dan untuk itu ada beberapa perbaikan yang sedang didorong FIFA," ujar Erick tentang pertemuan yang dihadiri Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha itu.

FIFA menanggapi usulan tersebut dengan meminta ada fasilitas latihan yang mumpuni.

Induk sepak bola dunia itu menilai Jakarta perlu menambah 2 lapangan latihan dan di Bandung menambah 1 lapangan latihan lagi.

Erick mencatat perhatian FIFA kepada seluruh stadion terutama pada kondisi rumput yang harus ditingkatkan.

Untuk itu, FIFA akan mengirim tim yang lebih besar lagi pada 15-26 Agustus 2023. Salah satu anggotanya adalah tim ahli rumput dari Australia.

"Ada 8 stadion yang diusulkan, di mana 6 di antaranya adalah yang sudah di-review untuk Piala Dunia U-20 lalu. Dari kesepakatan itu sepertinya mengerucut menjadi 4 stadion, sehingga ada 1 kota 2 grup. FIFA percaya 4 stadion cukup," kata Erick.

Untuk menuntaskan seluruh persiapan tersebut, Erick mengatakan, dirinya akan menggelar pembicaraan dengan Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi Jakarta, Pemerintah Daerah, dan Kemenpora.

"Malam ini, saya bertemu ke Menpora untuk membicarakan persiapan stadion tersebut sebelum 26 Agustus 2023, sebelum FIFA datang lagi," tutur Menteri BUMN tersebut.

Keempat stadion yang berpeluang menjadi venue Piala Dunia U-17 2023 adalah Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Manahan, Stadion Gelora Bung Tomo, dan Stadion Si Jalak Harupat.

Stadion Utama Gelora Bung Karno kemungkinan tak bisa digunakan lantaran bentrok dengan konser Coldplay yang juga berlangsung November mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper