Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menpora Belum Bisa Tentukan Lokasi Pembukaan Piala Dunia U-17 2023

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan lokasi pembukaan Piala Dunia U-17 masih didiskusikan.
Dito Ariotedjo dilantik menjadi Menpora / Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden
Dito Ariotedjo dilantik menjadi Menpora / Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, SOLO - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan lokasi pembukaan Piala Dunia U-17 masih didiskusikan.

Menpora Dito Ariotedjo juga mengatakan pihaknya masih menunggu hasil penilaian dari Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Dito mengatakan FIFA pada pekan ini akan menilai kondisi dan kelayakan stadion yang diajukan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17.

Setelah hasil penilaian dari FIFA keluar, barulah Menpora dan PSSI menentukan lokasi opening ceremony Piala Dunia U-17.

"Seluruh stadion yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-17 minggu ini dinilai oleh FIFA, dan nanti akan dilaporkan kembali ke PSSI dan juga kami, nah nanti itu ditentukan bersama dengan FIFA," kata Menpora Dito Ariotedjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (1/8/2023).

Dito mengamini adanya aspirasi untuk menunjuk Jakarta sebagai lokasi pembukaan Piala Dunia U-17.

Namun, sekali lagi, keputusan belum bisa diambil karena menunggu penilaian dari FIFA.

"Sebenarnya untuk pembukaan ada keinginan di Jakarta, tapi ini kita sedang menunggu asesmen seluruh arena," kata Dito.

Soal lokasi babak semifinal dan final Piala Dunia U-17, sekaligus lokasi penutupan Piala Dunia U-17, Dito mengatakan PSSI mengajukan Stadion Manahan, Solo.

"Saya baru mendapat laporan dari PSSI bahwa penutupan memakai rencana awal di Solo karena itu rencana sejak (Piala Dunia FIFA) U-20," kata dia.

Terkait kemungkinan lokasi pertandingan Piala Dunia U-17 di luar Pulau Jawa, Dito mengatakan terdapat pertimbangan mengenai ketersediaan anggaran dan juga aksesibilitas pemain.

Karena itu, Dito mengatakan kemungkinan lokasi pertandingan Piala Dunia U-17 hanya berada di Pulau Jawa.

"Kemarin ada mendengar dari PSSI bahwa karena ini U-17 dan dari sisi pemainnya juga terkait dengan efisiensi, pertama budget dan juga aksesibilitas dari para pemain dan kontingen, itu kemungkinan di Jawa. Tapi ini kita juga masih menunggu dari hasil FIFA juga," tutur Dito.

Dilansir dari laman PSSI, FIFA mengadakan inspeksi stadion di empat kota yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Surakarta (Solo) sejak Sabtu (29/7/2023) hingga Rabu (2/8/2023).

FIFA melakukan inspeksi di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Sabtu mulai pukul 08.30-11.30 WIB.

Pada hari yang sama, FIFA bertolak menuju Lapangan ABC komplek Stadion Gelora Bung Karno, Stadion Madya, Lapangan Hoki komplek Stadion Gelora Bung Karno, dan Stadion Soemantri Brodjonegoro, Jakarta.

Keesokan harinya FIFA bertolak ke Bandung, Jawa Barat, untuk meninjau Lapangan ITB, Lapangan Sidolig, Lapangan Batununggal, Lapangan IPDN, Lapangan Unpad, Stadion Arcamanik, dan Stadion Si Jalak Harupat.

Lalu pada Senin (31/7/2023), FIFA menuju ke Surabaya, Jawa Timur, untuk mengadakan inspeksi di Lapangan Gelora 10 November, Lapangan Thor, dan Stadion Gelora Bung Tomo.

Terakhir pada Selasa, FIFA bertolak menuju Surakarta, Jawa Tengah, untuk memeriksa Lapangan Blulukan, Lapangan Banyuanyar, Lapangan UNS, Lapangan Kampung Sewu, Lapangan Sriwedari, Lapangan Sriwaru, Lapangan Kota Barat, dan Stadion Manahan Solo.

Pada Rabu (2/8/2023), rombongan FIFA akan kembali ke Jakarta untuk melakukan pembahasan bersama dengan PSSI terkait dengan hasil inspeksi yang telah dilakukan di beberapa stadion dan lapangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper