Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FIFA Sebut Argentina Calon Kuat Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Gantikan Indonesia

Jika Argentina ditunjuk selaku tuan rumah, peluang tim nasional Indonesia U-20 di bawah asuhan Shin Tae-Yong untuk tampil di ajang Piala Dunia, makin berat.
Presiden Joko Widodo (Jokowi)  dan Presiden FIFA Gianni Infantino memberi keterangan kepada media massa usai bertemu membahas persepakbolaan di Indonesia. JIBI/Bisnis-Akbar Evandiorn
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden FIFA Gianni Infantino memberi keterangan kepada media massa usai bertemu membahas persepakbolaan di Indonesia. JIBI/Bisnis-Akbar Evandiorn

Bisnis.com, JAKARTA — Argentina berada di jalur paling depan sebagai calon tuan rumah Piala Dunia U-20 menggantikan Indonesia. Federasi sepak bola Argentina telah mengajukan surat jaminan kepada FIFA.

Dalam keterangan resminya, Presiden Federasi Sepak bola Internasional (FIFA) Gianni Infantino mengatakan bahwa Asosiasi Sepakbola Argentina (AFA) telah mengajukan tawaran resmi untuk menjadi tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023.

“Ada negara lain yang telah menyatakan minat, tetapi dalam hal proposal formal dan semua jaminan pemerintah yang menyertainya, Argentina berada di posisi terdepan,” kata Presiden Infantino dikutip dari situs resmi FIFA, Jumat (31/3/2023).

Dalam 2—3 hari ke depan, kata Infantino, FIFA akan membuat keputusan resmi terkait dengan tuan rumah pesta sepak bola akbar untuk kelompok usia muda itu.

FIFA harus bertindak cepat mengingat jadwal pelaksanaan Piala Dunia U-20 akan berlangsung pada 20 Mei 2023.

"Kita semua tahu tentang sepak bola di Argentina, ini adalah negara yang saya yakin bisa menjadi tuan rumah turnamen sebesar ini," katanya.

Infantino menyatakan Presiden AFA Claudio Tapia, serta Kementerian Olahraga dan Pariwisata negara Amerika Selatan, dan Kementerian Perdagangan telah memberikan "jaminan yang diperlukan" di balik tawaran "kuat", yang diserahkan kepada FIFA melalui Presiden Conmebol Alejandro Domínguez.

Jika Argentina ditunjuk selaku tuan rumah, peluang tim nasional Indonesia U-20 di bawah asuhan Shin Tae-Yong untuk tampil di ajang Piala Dunia, bakal tertutup.

Sebagai tuan rumah, Argentina akan masuk secara otomatis sebagai peserta. Sebelumnya, Tim Tango tidak lolos kualifikasi U-20 dari zona Amerika Selatan yang semula diwakili oleh Brasil, Ekuador, Kolombia, dan Uruguay.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper