Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Blusukan, Indra Sjafri Pamer Foto Bareng 5 Pemain Belanda Keturunan Indonesia

Pelatih Timnas U-20 Indonesia Indra Sjafri membagikan kegiatannya blusukan mencari pemain diaspora keturunan Tanah Air di luar negeri.
Indra Sjafri berfoto bersama 5 pemain keturunan Indonesia di Belanda untuk Timnas U-20 Indonesia / Instagram @indrasjafri_coach
Indra Sjafri berfoto bersama 5 pemain keturunan Indonesia di Belanda untuk Timnas U-20 Indonesia / Instagram @indrasjafri_coach

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Timnas U-20 Indonesia Indra Sjafri membagikan kegiatannya blusukan mencari pemain diaspora keturunan Tanah Air di luar negeri.

Indra Sjafri terbang ke Belanda sejak Sabtu (4/5/2024) untuk memantau beberapa nama pemain keturunan Indonesia.

Rencananya, pemain keturunan tersebut akan ditawari bermain membela Timnas U-20 Indonesia yang diproyeksikan menembus Piala Dunia U-20 2025.

Indra pun mengunggah foto dirinya bersama 5 pemain Belanda keturunan Indonesia.

Salah satu dari pemain tersebut adalah Jens Raven yang telah memulai proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Selain Raven, ada pula Mauresmo Hinoke yang sama-sama membela tim Dordrecht U-21.

Nama ketiga adalah Xavi Woudstra, pemain Heerenveen U-21. Kemudian ada bek tengah NEC U-21 Dion Markx dan pemain Vitesse U-21 Kaya Symons.

"Tim Nasional U-20 dipersiapkan dengan melibatkan seluruh Talent Pool yang kita miliki saat ini," tulis Indra Sjafri dalam keterangan unggahan di Instagram.

Talent identifikasi, lanjut Indra, dilakukan mulai dari para pemain muda yang bermain di Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 (Kelahiran 2005-2007).

Kompetisi usia muda EPA dan Soeratin Cup hingga seleksi para talenta yang belum teridentifikasi di Asprov dilakukan hingga 9 titik provinsi.

"Setelah melihat semua potensi di dalam negeri, Tim Nasional U-20 juga memberikan kesempatan kepada para pemain keturunan Indonesia yang saat ini bermain di luar negeri untuk dapat dilakukan pemantauan baik secara langsung ke Belanda maupun lewat pertandingan ulang," ucap Indra.

Dengan upaya yang sedemikian rupa, eks pelatih Bali United itu berharap Indonesia mampu mewujudkan target lolos ke Piala Dunia U-20 2025.

Indra mempersiapkan tim dengan sungguh-sungguh untuk tampil di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Sebab, jalur menuju Piala Dunia U-20 adalah dengan menembus semifinal Piala Asia U-20.

"Tim ini disiapkan pada 2024, itu ada kalendernya namanya AFF U-19 di awal Juli, kita sebagai tuan rumah, itu langkah awal kita lihat evaluasi pertama kita di situ. Setelah itu ada kualifikasi AFC untuk bisa lolos ke Piala Asia U-20. Setelah itu pada 2025 akan mencari peserta empat besar di [Piala] Asia yang mewakili Asia untuk menjadi peserta Piala Dunia U-20 2025 di Chile. Langkah-langkah itu yang akan kami lalui nanti, jadi dimulai pada Juli di AFF," tutur Indra Sjafri pada Desember lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper