Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Resmi Jadi WNI, Shayne Pattynama Ungkap Mimpi Besarnya di Timnas Indonesia

Usai resmi mendapat status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), Shayne Pattynama langsung membeberkan misi besarnya bersama timnas Indonesia.
Calon pemain timnas Indonesia Shayne Pattynama merampungkan proses naturalisasi dan resmi menjadi WNI/PSSI.
Calon pemain timnas Indonesia Shayne Pattynama merampungkan proses naturalisasi dan resmi menjadi WNI/PSSI.

Bisnis.com, SOLO - Usai resmi mendapat status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), Shayne Pattynama langsung membeberkan misi besarnya bersama timnas Indonesia.

Shayne Pattynama resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah merampungkan proses naturalisasi dengan pengambilan sumpah.

Pengambilan sumpah Shayne Pattynama sebagai WNI dilakukan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), DKI Jakarta, pada Selasa (24/1/2023).

Shayne Pattynama mulai menjalani proses naturalisasi sejak akhir Mei 2022. Pada November 2022, permohonan naturalisasinya disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Kemudian pada awal Januari 2023, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengabarkan bahwa Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) perpindahan kewarganegaraan Shayne Pattynama.

Selanjutnya, PSSI akan mengurus perpindahan asosiasi Shayne Pattynama di FIFA dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI).

Jika tahapan itu berjalan lancar, pemain berusia 24 tahun itu diproyeksikan akan debut di timnas Indonesia pada FIFA Matchday periode 20-28 Maret 2023.

Shayne mengaku sangat bangga telah menjadi WNI. Menurutnya, hal itu juga akan menimbulkan rasa bangga untuk sang aya.

"Saya sangat bangga dan bahagia menjadi orang Indonesia. Ayah saya yang ada di atas sana sekarang akan melihat ke bawah dan bangga kepada saya," kata Shayne Pattynama.

Shayne langsung bicara soal targetnya bersama timnas Indonesia. Dia mengaku ingin membawa skuad Garuda lolos ke Piala Dunia dan menjadi salah satu tim terbaik di Asia.

"Saya adalah seorang pemimpi, jadi impian saya bersama timnas Indonesia adalah bermain di Piala Dunia bersama Indonesia, 100 persen, dan saya ingin membawa Indonesia jadi salah satu tim terbaik di Asia. Jadi saya punya impian besar dan saya yakin kita bisa melakukan hal itu," ucap pemain Viking FK tersebut.

Shayne mengatakan, dirinya merasa sangat terhormat bisa mendapat kesempatan menjadi WNI.

Di timnas Indonesia, lanjut Shayne, ia ingin bermain di posisi bek kiri yang sering dia mainkan di klub.

Shayne merupakan salah satu pemain naturalisasi hasil rekomendasi pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Sebelum Shayne, Sandy Walsh dan Jordi Amat telah lebih dulu merampungkan naturalisasi dan sudah dipanggil ke tim Garuda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper