Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Resmi Jadi WNI, Shayne Pattynama Ungkap Mimpi Besarnya di Timnas Indonesia

Usai resmi mendapat status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), Shayne Pattynama langsung membeberkan misi besarnya bersama timnas Indonesia.
Taufan Bara Mukti
Taufan Bara Mukti - Bisnis.com 25 Januari 2023  |  12:14 WIB
Resmi Jadi WNI, Shayne Pattynama Ungkap Mimpi Besarnya di Timnas Indonesia
Calon pemain timnas Indonesia Shayne Pattynama merampungkan proses naturalisasi dan resmi menjadi WNI - PSSI.
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Usai resmi mendapat status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), Shayne Pattynama langsung membeberkan misi besarnya bersama timnas Indonesia.

Shayne Pattynama resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah merampungkan proses naturalisasi dengan pengambilan sumpah.

Pengambilan sumpah Shayne Pattynama sebagai WNI dilakukan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), DKI Jakarta, pada Selasa (24/1/2023).

Shayne Pattynama mulai menjalani proses naturalisasi sejak akhir Mei 2022. Pada November 2022, permohonan naturalisasinya disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Kemudian pada awal Januari 2023, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengabarkan bahwa Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) perpindahan kewarganegaraan Shayne Pattynama.

Selanjutnya, PSSI akan mengurus perpindahan asosiasi Shayne Pattynama di FIFA dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI).

Jika tahapan itu berjalan lancar, pemain berusia 24 tahun itu diproyeksikan akan debut di timnas Indonesia pada FIFA Matchday periode 20-28 Maret 2023.

Shayne mengaku sangat bangga telah menjadi WNI. Menurutnya, hal itu juga akan menimbulkan rasa bangga untuk sang aya.

"Saya sangat bangga dan bahagia menjadi orang Indonesia. Ayah saya yang ada di atas sana sekarang akan melihat ke bawah dan bangga kepada saya," kata Shayne Pattynama.

Shayne langsung bicara soal targetnya bersama timnas Indonesia. Dia mengaku ingin membawa skuad Garuda lolos ke Piala Dunia dan menjadi salah satu tim terbaik di Asia.

"Saya adalah seorang pemimpi, jadi impian saya bersama timnas Indonesia adalah bermain di Piala Dunia bersama Indonesia, 100 persen, dan saya ingin membawa Indonesia jadi salah satu tim terbaik di Asia. Jadi saya punya impian besar dan saya yakin kita bisa melakukan hal itu," ucap pemain Viking FK tersebut.

Shayne mengatakan, dirinya merasa sangat terhormat bisa mendapat kesempatan menjadi WNI.

Di timnas Indonesia, lanjut Shayne, ia ingin bermain di posisi bek kiri yang sering dia mainkan di klub.

Shayne merupakan salah satu pemain naturalisasi hasil rekomendasi pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Sebelum Shayne, Sandy Walsh dan Jordi Amat telah lebih dulu merampungkan naturalisasi dan sudah dipanggil ke tim Garuda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Shayne Pattynama wni timnas indonesia naturalisasi
Editor : Taufan Bara Mukti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top