Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Shin Tae-yong Sebut 1 Pemain yang Paling Ia Percaya di Timnas Indonesia, Bukan Asnawi

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menyebut satu nama yang paling ia percaya di tim Garuda. Sayang, pemain tersebut tampil melempem di Piala AFF 2022.
Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong/PSSI
Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong/PSSI

Bisnis.com, SOLO - Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menyebut satu nama yang paling dia percaya di tim Garuda. Sayang, pemain tersebut tampil melempem di Piala AFF 2022.

Shin Tae-yong bercerita panjang lebar kepada media Korea Selatan, Naver, soal kegagalan timnas Indonesia juara Piala AFF 2022.

Berbekal gelar runner-up pada Piala AFF 2020, timnas Indonesia disebut punya peluang untuk juara pada edisi kali ini.

Sayangnya, langkah Indonesia harus terhenti di babak semifinal setelah takluk 0-2 dari Vietnam dalam laga yang digelar dua leg itu.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyebut Garuda mengandalkan pemain yang berkarier di luar negeri dan naturalisasi.

Salah satunya adalah Witan Sulaeman, winger timnas Indonesia yang bermain di Liga Slovakia bersama AS Trencin.

Shin bahkan menyebut Witan sebagai pemain yang paling ia percaya di timnas Indonesia.

"Dia adalah pemain paling menentukan di tim kami dan pemain yang paling saya percayai, jadi saya merasakan setiap peluang golnya," ucap Shin Tae-yong dilansir dari Naver.

Namun ekspektasi Shin terhadap Witan harus berujung pahit. Pemain asal Palu itu gagal bersinar di Piala AFF 2022.

Satu momen yang paling diingat dari Witan pada turnamen tersebut adalah kala dirinya membuang peluang emas saat menghadapi Thailand di fase grup.

Setelah merebut bola dari kiper Thailand, Witan tak kuasa menjaringkan bola ke gawang yang sudah kosong. Sepakannya justru mengenai tiang dan bergulir ke luar.

"Saya melihat tembakan itu melenceng dari tiang gawang, saya berpikir, 'apa yang sedang terjadi?' Padahal, hal semacam ini akan terus dilihat di masa depan," kata Shin.

Shin tak sepenuhnya menyalahkan Witan atas kejadian itu. Pelatih 51 tahun itu paham bahwa blunder adalah hal wajar dalam sepak bola.

Hal itu juga tak membuat kepercayaan Shin kepada pemain 21 tahun itu memudar. Baginya, Witan masih menjadi pemain penting di timnas Indonesia.

"Saya tidak mengkritik Witan, saya masih percaya padanya karena hal ini sering terjadi di turnamen. Masalahnya para pemain, termasuk Witan, kehilangan ketegasan, performa, dan kepercayaan diri mereka," tutur Shin.

Usai gagal membawa timnas Indonesia meraih gelar juara, Shin Tae-yong kembali ke kampung halamannya di Korea Selatan.

Rencananya, Shin akan kembali ke Indonesia pada 1 Februari 2023 untuk persiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper