Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Brasil Berkabung, Neymar Pimpin Penghormatan untuk Pele

Presiden Brasil umumkan tiga hari berkabung nasional untuk mengenang legenda sepak bola Pele yang meninggal pada Kamis (29/12/2022).
Pemain legendaris Brasil Pele saat memenangkan Piala Dunia./ Bloomberg.
Pemain legendaris Brasil Pele saat memenangkan Piala Dunia./ Bloomberg.

Bisnis.com, SOLO - Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengumumkan negaranya akan berkabung secara nasional selama tiga hari, untuk mengenang legenda sepak bola Pele.

Pele meninggal dunia dalam usia 82 tahun akibat penyakit "kegagalan banyak organ tubuh" setelah pertempuran panjang dengan kanker.

Pengumuman berkabung tiga hari ini diumumkan dalam sebuah dekrit yang diterbitkan dalam edisi tambahan surat kabar pemerintah dan ditandatangani oleh presiden yang bakal segera meninggalkan jabatannya Minggu pekan ini.

Bolsonaro menyebut pemain yang dianggap oleh banyak orang sebagai yang terhebat sepanjang masa sebagai orang yang "membuat Brasil terkenal ke seluruh dunia."

"Pele mengubah sepak bola menjadi kebahagiaan dan seni," tulis sang presiden dalam akun media
sosialnya. Keterangan dalam akun medsosnya ini menyertai foto mendiang legenda berpose dengan jersey yang dia tandatangani untuk Bolsonaro.

Neymar pimpin penghormatan

Sebagai sesama pemain bola yang ikut mengharumkan nama negara, Neymar memimpin penghormatan untuk Pele yang meninggal dunia pada Kamis. Bintang Paris Saint Germain tersebut mengatakan bahwa Pele yang ikonik telah mengubah cabang olahraga ini "menjadi seni".

Para bintang dan mantan bintang sepak bola di dunia pun langsung memberi penghormatan kepada pemain olahraga terbesar yang pernah ada tersebut. Dijuluki "O Rei" (Sang Raja), Pele mencetak lebih dari 1.000 gol sebelum pensiun pada tahun 1977.

Neymar, pemain depan yang juga dari Brasil, memuji Pele sebagai satu-satunya orang yang memenangkan tiga Piala Dunia, dalam sebuah posting media sosial di samping dua foto dirinya dengan sang legenda.

"Sebelum Pele, '10' hanyalah angka. Tapi kalimat indah itu tidak lengkap. Saya bisa mengatakan bahwa sebelum Pele, sepak bola hanyalah olahraga. Dia mengubah sepak bola menjadi seni, menjadi hiburan... Sepak bola dan Brasil memperoleh status berkat sang Raja. Dia telah pergi, tetapi keajaibannya akan tetap ada. Pele adalah ABADI!" tulis Neymar di medsosnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper