Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Szymon Marciniak, Wasit Piala Dunia 2022 yang 2 Kali Jadi Saksi Messi Dibantai

Berikut profil Szymon Marciniak, wasit yang akan memimpin final Piala Dunia 2022, Argentina vs Prancis. Marciniak bukan sosok yang asing bagi Lionel Messi.
Profil Szymon Marciniak, wasit final Piala Dunia 2022/Reuters
Profil Szymon Marciniak, wasit final Piala Dunia 2022/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Berikut profil Szymon Marciniak, wasit yang akan memimpin final Piala Dunia 2022, Argentina vs Prancis. Marciniak bukan sosok yang asing bagi Lionel Messi.

Wasit asal Polandia Szymon Marciniak akan memimpin laga final Piala Dunia 2022, timnas Argentina vs Prancis, di Stadion Lusai, Qatar, Minggu (18/12/2022).

Szymon Marciniak adalah wasit berusia 41 tahun. Ia lahir pada 1981 di Plock, Polandia, dan memulai karier sebagai wasit sepak bola sejak usia 21 tahun.

Marciniak saat itu bermain sebagai pemain amatir sekaligus sebagai wasit, kemudian pada 2006 ia resmi menjadi wasit profesional.

Portofolio Szymon Marciniak jadi wasit di kasta teratas Liga Polandia adalah pada 2009 dan kini dirinya sudah menjadi pengadil lapangan lebih dari 200 kali di liga lokal.

Pria yang jadi salah satu wasit paling terkenal di Polandia ini mendapat lisnesi wasit FIFA mulai tahun 2011.

Sejak saat itu ia mulai dipercaya menjadi wasit di Liga Europa, Liga Champions, dan laga internasional.

Szymon Marciniak sempat jadi wasit final Piala Eropa U-21 pada 2016, sebelum kemudian memimpin tiga laga di gelaran Euro 2016.

Marciniak juga menjadi wasit di dua laga Piala Dunia 2018 serta wasit Piala Super Eropa 2018 yang mempertemukan Real Madrid vs Atletico Madrid.

Kini, Szymon Marciniak akan jadi pria Polandia pertama yang jadi wasit di final Piala Dunia.

Ada kisah khusus antara Marciniak dengan Lionel Messi, kapten timnas Argentina. Marciniak tiga kali memimpin pertandingan yang melibatkan Messi, di mana dua di antaranya berakhir kekalahan untuk La Pulga.

Pada Liga Champions 2016-2017, Marciniak memimpin pertandingan leg pertama babak 16 besar Paris Saint-Germain (PSG) vs Barcelona.

Messi yang kala itu masih berseragam Barcelona, dilumat PSG dengan skor 0-4 di Parc des Princes.

Belakangan usai kekalahan itu muncul istilah La Remontada karena Barcelona berhasil membalikkan keadaan pada leg kedua dan melenggang ke perempat final Liga Champions.

Marciniak dan Messi kembali bertemu di babak perempat final, kala itu Barcelona menghadapi Juventus.

Sama seperti laga pertama, Messi kembali kalah saat dipimpin Marciniak. Barcelona keok 0-3 dari Juventus. Kekalahan itu benar-benar memupus langkah Messi dan kolega ke semifinal, Barcelona tak bisa comeback pada leg kedua.

Di Piala Dunia 2022, Marciniak sempat memimpin laga Argentina di babak 16 besar saat berjumpa Australia.

Kali ini Messi yang memimpin rekan senegaranya mampu meraih kemenangan dengan skor tipis, 2-1. Tim Tango pun melangkah ke babak perempat final berkat kemenangan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper