Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tujuh Fakta Menarik Usai Argentina Lolos ke Final Piala Dunia 2022

Timnas Argentina lolos ke final Piala Dunia 2022 setelah menang 3-0 atas Kroasia di babak semifinal yang digelar di Stadion Lusail, Rabu.
Timnas Argentina di Piala Dunia 2022/FIFA
Timnas Argentina di Piala Dunia 2022/FIFA

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Argentina lolos ke final Piala Dunia 2022 setelah menang 3-0 atas Kroasia di babak semifinal yang digelar di Stadion Lusail, Rabu (14//12/2022) dini.

Julian Alvarez memborong dua gol dalam pertandingan tersebut. Satu gol lainnya dicetak Lionel Messi dari titik penalti.

Argentina masih menanti lawan di partai puncak. Mereka menunggu pemenang laga semifinal lainnya antara Prancis vs Maroko yang baru akan berlangsung Kamis dinihari, 15 Desember.

Berikut fakta-fakta menarik dari laga Argentina vs Kroasia:

1. Argentina mencapai final Piala Dunia untuk keenam kalinya. Hanya Jerman yang mencapai final lebih banyak dalam kompetisi ini, yakni delapan kali. Tim Tango akan mengejar gelar ketiganya, yang pertama bersama Lionel Messi.

2. Sejak edisi 1966, hanya Belanda - melakukan satu tembakan saat lawan Argentina pada 2014 - yang memiliki lebih sedikit tembakan tepat sasaran di semifinal Piala Dunia daripada Kroasia di pertandingan ini, yang hanya meraih dua.

3. Tujuh starter pada pertandingan Argentina vs Kroasia juga menjadi starter saat kedua tim berhadapan di babak grup Piala Dunia 2018. Tiga dari Argentina (Lionel Messi, Nicolas Tagliofico dan Nicolas Otamendi) dan empat untuk Kroasia (Luka Modric, Ivan Perisic, Dejan Lovren dan Marcelo Broozovic).

4. Lionel Messi menjadi pemain Argentina pertama yang mencetak gol dalam lima pertandingan berbeda dalam satu edisi Piala Dunia. Dia juga menyamai rekor pemain Jerman Lothar Matthaus dengan 25 penampilan di Piala Dunia. 

5. Messi menjadi pemain pertama sejak turnamen 1966 yang mencetak gol dan assist dalam empat pertandingan Piala Dunia yang terpisah. Ia melakukannya melawan Serbia pada 2006, kemudian melawan Meksiko, Belanda, dan Kroasia di Qatar.

6. Messi juga menorehkan rekor dalam laga ini, yakni menjadi top skor Argentina sepanjang massa di Piala Dunia. Ia mencetak 11 gol, unggul satu gol dari Gabriel Batistuta.

7. Julian Alvarez telah mencetak enam gol di Piala Dunia dan tiga di antaranya tercipta di Qatar. Secara total pemain Manchester City ini sudah menyumbang 8 gol dalam 19 tampilan buat Argentina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper