Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kisah Julian Alvarez: Dulu Minta Foto, Kini Berduet Bersama Messi di Argentina

Pemain Argentina Julian Alvarez mencetak 2 gol ketika Argentina menyingkirkan Kroasia di semifinal Piala Dunia 2022 yang berakhir dengan skor 3-0.
Pemain timnas Argentina, Julian Alvarez (kanan) dan Lionel Messi /FIFA
Pemain timnas Argentina, Julian Alvarez (kanan) dan Lionel Messi /FIFA

Bisnis.com, JAKARTA – Pemain Argentina Julian Alvarez mencetak 2 gol ketika Argentina menyingkirkan Kroasia di semifinal Piala Dunia 2022 yang berakhir dengan skor 3-0. Pada pertandingan itu, ia membangun duet maut bersama idola masa kecilnya Lionel Messi.

Pemain berjuluk Si Laba-laba itu mencetak gol ke gawang Kroasia yang dijaga oleh Dominic Livakovic pada menit ke 39 dan menit ke 69 di Stadion Lusail, Rabu (14/12/2022).

Pada gol pertama Argentina yang dicetak Lionel Messi, ia juga sebenarnya memberi sumbangsih. Gol yang dicetak lewat titik putih itu berawal dari peluang Alvarez. Pemain Manchester City itu dijegal oleh Livakovic setelah menyontek bola. Wasit pun menganggap jegalan Livakovic kepada Alvarez merupakan pelanggaran dan Argentina pun mendapat kesempatan tendangan penalti.

Argentina kemudian menambah keunggulan pada menit 39 lewat Alvarez. Ia menggiring bola dari tengah lapangan dan melewati sejumlah bek Kroasia. Penyelesaian akhir lewat sontekan membuat jala Kroasia bergetar.

Kemudian, lewat kerja sama apik, Alvarez kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke 69. Ia menerima umpan manis dari idolanya Lionel Messi.

Messi pun memuji penampilan Alvarez pada laga semi final Piala Dunia 2022 melawan Kroasia. "Hari ini saya pikir Julian menonjol di atas segalanya. Dia memainkan pertandingan yang luar biasa. Dia membuka jalan bagi kami, dia berjuang, dia lari, dia menghantam semua orang," katanya dikutip dari Express.co.uk pada Rabu (14/12/2022).

Pada laga melawan Kroasia, Alvarez dan Messi memang menjadi duet mematikan. Padahal, 10 tahun lalu, Alvarez hanya seorang fans Messi.

Foto kala Alvarez saat berusia 12 tahun bersama Messi pun beredar di media sosial. Si Laba-laba meminta foto idolanya 10 tahun lalu.

"10 tahun yang lalu: [Alvarez] meminta foto Leo Messi sebagai penggemar berat, ia memimpikan tampil di piala dunia suatu hari nanti. Malam ini: Julian Alvarez dari Calchín mencetak gol di semi final piala dunia," dikutip dari akun Twitter wartawan senior sepak bola Fabrizio Romano.

https://twitter.com/FabrizioRomano/status/1602750596775260162?s=20&t=h_0lV2Jbbty16vX-EQ7OhQ

Saat Alvarez berusia 12 tahun, ia belum sama sekali menjalani karir sebagai pesepakbola. Baru pada saat usianya menginjak 14 tahun, ia bergabung dengan tim junior di Atlético Calchín.

Dua tahun kemudian ia pindah ke tim junior River Plate. Ia berkesempatan berkarir di Real Madrid junior, namun karena keterbatasan usia, impian itu gagal.

Di River Plate ia ditempa. Kemudian, pada saat usianya menginjak 18 tahun ia masuk tim senior River Plate. Di klub lokal Argentina itu ia tampil apik. Ia menjalani 57 laga bersama River Plate dan mencetak 23 gol.

Klub raksasa Premier League kemudian tertarik memboyong Alvarez. Pada tahun ini, Alvarez telah bermain bersama Manchester City.

Di musim 2022-2023, ia telah menyumbang 7 gol di semua ajang. Ia juga telah membangun duet maut lini serang Manchester City bersama Erling Haaland.

Bagi Timnas Argentina, pemain berusia 22 tahun itu merupakan aset masa depan. Ia bisa menjadi sosok pengganti Lionel Messi yang kini berusia 35 tahun.

Si Laba-laba kini telah mencetak 7 gol bagi Argentina di semua ajang. Di Piala Dunia 2022, ia telah menyumbang 4 gol bagi Argentina. Capaian 2 gol ke gawang Kroasia di semi final mengantarkan dirinya ke persaingan pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2022 bersama Kylian Mbappe, Lionel Messi, dan Olivier Giroud.

Alvarez pun berkesempatan menambah pundi-pundi golnya. Ia bisa tampil di final piala dunia menghadapi Prancis atau Maroko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper