Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lampaui Maradona hingga Matthaus, Ini 4 Rekor Messi di Piala Dunia

Lionel Messi mencetak 4 rekor dalam pertandingan semifinal Piala Dunia 2022, Argentina vs Kroasia yang dimenangkan Tim Tango.
Striker Lionel Messi memperkuat Argentina di Piala Dunia 2022/FIFA
Striker Lionel Messi memperkuat Argentina di Piala Dunia 2022/FIFA

Bisnis.com, JAKARTA – Lionel Messi tampil sebagai bintang dalam pertandingan semifinal Piala Dunia 2022, Argentina vs Kroasia yang dimenangkan Tim Tango dengan skor 3-0. La Pulga juga telah mencatatkan 4 rekor di ajang empat tahunan itu.

Pada pertandingan yang berlangsung di Lusail Stadium pada Rabu (14/12/2022) pukul 02.00 WIB itu Lionel Messi mencetak 1 gol lewat titik putih. La Pulga juga mencetak 1 assist bagi Julian Alvarez.

La Pulga pun dianugerahi man of the match pada pertandingan tersebut. Dengan begitu, Argentina pun tampil di final Piala Dunia 2022.

"Sangat menyenangkan melihat kegembiraan para penggemar kami di sini dan di Argentina. Kami akan memberikan semua yang kami miliki di final tetapi juga perlu menikmati apa yang kami capai," ungkap pemain Paris Saint Germain (PSG) itu dikutip dari ESPN pada Rabu (14/12/2022).

Sedangkan, penampilan prestisius itu membuat pemain berusia 35 tahun itu mencatatkan 4 rekor diantaranya mengalahkan legenda Argentina Diego Maradona dan legenda Jerman Lothar Matthaus. Berikut 4 rekor yang dipecahkan La Pulga:

1. Pencetak gol terbanyak bagi Argentina di piala dunia

Messi mencetak gol ke gawang Kroasia yang dijaga oleh Dominic Livakovic pada menit 34 lewat tendangan penalti. Dengan begitu, Messi telah mencetak 11 gol bagi Argentina di ajang piala dunia. Capaian itu mengalahkan Gabriel Batistuta yang telah mencetak 10 gol.

Messi masih bisa menambah pundi-pundi golnya di ajang piala dunia, sebab ia masih bisa tampil di final.

Bagi Argentina secara keseluruhan, Lionel Messi telah mencetak 96 gol. Sementara, Gabriel Batistuta mencetak 55 gol, Sergio Agüero mencetak 41 gol, dan Hernan Crespo 35 gol.

Gol ke gawang Livakovic juga mengantarkan La Pulga ke daftar top skor sementara. Messi telah mencetak 5 gol menyamai torehan Kylian Mbappe.

Gol Messi di Piala Dunia 2022 dicetak masing-masing 2 gol pada babak penyisihan, 1 gol saat babak 16 besar, 1 gol lagi saat perempat final, dan 1 gol pada semi final. Dari 5 gol Messi di ajang Piala Dunia 2022, 3 gol diantaranya dicetak lewat tendangan penalti.

2. Penyumbang assist terbanyak Argentina di piala dunia

Gol ketiga Argentina vs Kroasia dicetak oleh Julian Alvarez melalui assist Lionel Messi. La Pulga memberikan assist ajaib bagi Alvarez setelah berputar dan berbelok melewati bek Kroasia Josko Gvardiol.

Dengan begitu, Messi telah menyumbang 9 assist selama keikutsertaannya di ajang piala dunia. Capaian itu melewati rekor Diego Maradona dengan 8 assist bagi Argentina di ajang piala dunia.

3. Penampilan terbanyak di piala dunia

Kehadiran Messi pada pertandingan semi final Piala Dunia 2022 melawan Kroasia membuat dirinya mencatatkan rekor baru. Ia menyamai catatan Lothar Matthaus sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di piala dunia dengan 25 penampilan.

Ia pun bisa saja tampil di final Piala Dunia 2022 dan mengalahkan capaian Lothar Matthaus sebagai pemain yang paling sering tampil di piala dunia.

Selain Messi dan Matthaus, ada nama-nama pemain lain dengan jumlah penampilan terbanyak. Striker Jerman Miroslav Klose mencatatkan 24 penampilan di piala dunia, kemudian Paolo Maldini dengan 23 penampilan, lalu Cristiano Ronaldo dengan 22 penampilan.

4. Pencetak gol dan pemberi assist di 4 piala dunia terpisah

Lionel Messi kini telah menjadi pemain yang mencatatkan gol dan assist di 4 ajang piala dunia. Messi pertama kali tampil di ajang piala dunia pada 2006.

Pada Piala Dunia 2006 di Jerman, ia berhasil menceploskan bola ke gawang saat Argentina menang 6-0 melawan Serbia dan Montenegro di fase grup.

Lionel Messi sendiri kini telah menjalani 171 laga bersama Argentina. Namun, pemain berusia 35 tahun itu belum pernah sekalipun menjuarai piala dunia.

Setelah mengalahkan Kroasia, Messi mempunyai peluang merengkuh gelar piala dunia pertamanya. Pada pertandingan final, Argentina akan melawan pemenang antara Prancis dan Maroko di semifinal.

Pertandingan semi final Perancis vs Maroko akan bertanding pada Kamis, pukul 02.00 WIB di Stadion Al Bayt.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper