Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Dia Al Hilm, Bola Canggih yang Dipakai di Semifinal dan Final Piala Dunia 2022

FIFA meluncurkan bola baru yang akan dipakai di babak semifinal dan final Piala Dunia 2022. Bola ini diberi nama Al Hilm dengan sederet fitur canggih.
Bola Al Hilm bakal dipakai di semifinal dan final Piala Dunia 2022/FIFA
Bola Al Hilm bakal dipakai di semifinal dan final Piala Dunia 2022/FIFA

Bisnis.com, JAKARTA - FIFA meluncurkan bola baru yang akan dipakai di babak semifinal dan final Piala Dunia 2022. Bola ini diberi nama Al Hilm dengan sederet fitur canggih.

FIFA mengumumkan bahwa babak semifinal dan final Piala Dunia 2022 bakal memakai bola yang berbeda dari fase sebelumnya.

Jika pada fase grup hingga perempat final bola Al Rihla (perjalanan) yang dipakai, mulai babak semifinal bola Al Hilm (impian) yang akan dipergunakan.

Dilansir dari laman resmi FIFA, Al Hilm adalah bola canggih yang didesain dengan teknologi mutakhir.

Ada teknologi Connected Ball dalam bola Al Hilm yang diproduksi oleh Adidas ini. Teknologi ini sebelumnya tak ada di bola Al Rihla.

"Connected Ball" menghubungkan bola dengan data posisi pemain. Inovasi ini memberikan data instan kepada Video Match Officials (VMO) untuk membantu pengambilan keputusan wasit.

Data bola yang ditangkap dengan sensor IMU, kemudian akan membantu kinerja wasit untuk mendukung sistem offside semi otomatis. Hal ini diprediksi akan menghilangkan keraguan atas keputusan yang diambil oleh wasit.

Direktur Teknologi dan Inovasi Sepak Bola FIFA Johannes Holzmuller mengatakan bahwa keputusan wasit akan lebih presisi dengan teknologi canggih dalam bola Al Hilm.

"Dengan perkembangan teknologi bola yang terhubung, Adidas memungkinkan lapisan informasi tambahan yang penting tersedia bagi ofisial pertandingan video. Data dari bola membuka wawasan baru," ucap Johannes.

Bola Al Hilm dirandang dengan memperhatikan unsur peduli lingkungan. Bola ini adalah yang pertama kali dibuat hanya dengan tinta dan lem berbahan dasar air.

Desain bola ini didominasi warna dasar emas bertekstur yang menampilkan pola segitiga halus.

Gambaran dari bola Al Hilm terinspirasi dari padang pasir yang berkilauan di wilayah sekitar Doha, Qatar.

"Al Hilm mewakili suar cahaya pada kekuatan olahraga dan sepak bola untuk menyatukan dunia. Jutaan orang akan menonton dari hampir setiap negara di seluruh dunia," kata Manajer Umum Sepak Bola Adidas, Nick Craggs.

Bola ini akan pertama digunakan pada partai semifinal Piala Dunia 2022. Laga Kroasia vs Argentina akan menjadi kemunculan pertama Al Hilm, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper