Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

5 Kiper yang Mencuri Perhatian di Piala Dunia 2022, Ada Pahlawan Maroko

Piala Dunia 2022 diwarnai dengan penampilan apik para kiper dari masing-masing negara. Berikut daftar lima kiper yang mencuri perhatian di Piala Dunia 2022.
Taufan Bara Mukti
Taufan Bara Mukti - Bisnis.com 11 Desember 2022  |  14:32 WIB
5 Kiper yang Mencuri Perhatian di Piala Dunia 2022, Ada Pahlawan Maroko
Kiper Timnas Maroko Yassine Bounou menepis bola saat melawan Kroasia pada babak penyisian Piala Dunia 2022 - Instagram Yassine Bounou

Bisnis.com, JAKARTA - Piala Dunia 2022 diwarnai dengan penampilan apik para kiper dari masing-masing negara. Berikut daftar lima kiper yang mencuri perhatian di Piala Dunia 2022.

Piala Dunia 2022 akan segera memasuki babak semifinal. Kroasia, Argentina, Maroko, dan Prancis telah memastikan tiket ke empat besar.

Kelolosan tim-tim tersebut bukan tanpa sebab. Ada sosok penjaga gawang tangguh yang tampil heroik menjaga pertahanan.

Terlepas dari tim-tim yang melenggang ke semifinal, ada beberapa penjaga gawang lain yang turut mencuri perhatian di Piala Dunia 2022.

Saking banyaknya kiper yang tampil memukau, penghargaan Golden Gloves untuk penjaga gawang terbaik di Piala Dunia 2022 pun makin sulit diprediksi.

5 Kiper yang Mencuri Perhatian di Piala Dunia 2022

1. Yassine Bounou (Maroko)

Tak bisa dielakkan lagi bahwa Yassine Bounou adalah sosok penting yang mengantar Maroko menembus semifinal Piala Dunia untuk kali pertama sepanjang sejarah.

Bounou tampil empat kali sejak fase grup hingga perempat final. Ia sempat absen sekali saat melawan timnas Belgia, padahal saat itu Bounou ikut menyanyikan lagu kebangsaan di dalam lapangan. Posisinya digantikan Munir Mohamedi karena mengalami cedera.

Sepanjang penampilannya di turnamen ini, Bounou hanya kebobolan satu kali saat melawan Kanada di fase grup, itu pun melalui gol bunuh diri. Bounou juga menjadi penyelamat Maroko kala menjungkalkan Spanyol lewat adu penalti di babak 16 besar.

2. Dominik Livakovic (Kroasia)

Kroasia mungkin tak akan melaju sejauh ini jika bukan Dominik Livakovic yang berdiri di bawah mistar.

Terbaru, Livakovic tampil gemilang saat Kroasia memulangkan Brasil di babak perempat final. Dari catatan Whoscored, Livakovic membuat rata-rata 3,8 penyelamatan per laga. Rinciannya, Livakovic membuat 1,6 penyelamatan dari kotak penalti dan luar area. Adapun 0,6 penyelamatan lainnya terjadi di kotak kecil.

Yang paling sensasional adalah di babak 16 besar, penjaga gawang Dinamo Zagreb itu mengagalkan tiga eksekutor Jepang. Total, Livakovic menahan empat tendangan penalti. Jumlah itu menjadikannya kiper yang terbanyak menggagalkan penalti dalam satu edisi Piala Dunia.

3. Shuichi Gonda (Jepang)

Meskipun Jepang terhenti di babak 16 besar, penampilan Samurai Biru di Piala Dunia 2022 membuat decak kagum banyak pihak.

Betapa tidak, Jepang mampu menjungkalkan dua mantan juara Piala Dunia 2022, Jerman dan Spanyol, di fase grup. Kedua kemenangan itu dibukukan Jepang setelah tertinggal 0-1 pada babak pertama. Tim asuhan Hajime Moriyasu bangkit di babak kedua dan menang 2-1.

Shuichi Gonda menjadi salah satu tokoh penting dalam keberhasilan Jepang lolos dari grup neraka. Meski hanya tampil dalam empat laga, Gonda membukukan rata-rata 3,8 penyelamatan.

4. Emiliano Martinez (Argentina)

Emiliano Martinez menggagalkan penalti Virgil van Dijk dan Stephen Berghuis saat Argentina mengalahkan Belanda di perempat final. Peran tersebut begitu vital mengantarkan Tim Tango ke semifinal.

Emi Martinez sempat tampil buruk pada laga pertama. Argentina tumbang mengejutkan dari Arab Saudi dengan skor 1-2 meski unggul lebih dulu.

Namun penjaga gawang yang melejit namanya bersama Arsenal itu membuktikan kualitasnya dan bangkit pada laga-laga selanjutnya.

5. Mohammed Al Owais (Arab Saudi)

Berasal dari negara yang kurang diperhitungkan, Mohammed Al Owais mencuri perhatian di Piala Dunia 2022. Semua berawal dari pertandingan pertama ketika Arab Saudi menang 2-1 atas Argentina.

Kehebatan Mohammed Al Owais terlihat dari statistik penampilannya. Penjaga gawang 31 tahun itu hanya tampil tiga kali di fase grup, namun mampu membukukan 4,7 penyelamatan secara rata-rata.

Saat melawan Argentina saja Al Owais membukukan lima penyelamatan penting. Jumlah itu yang terbanyak dalam satu pertandingan di Piala Dunia 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

piala dunia 2022 Kiper Piala Dunia 2022 Yassine Bounou
Editor : Taufan Bara Mukti

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    Terpopuler

    Banner E-paper
    back to top To top