Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selisih Gol Sama, Ini Alasan Korea Selatan Bisa Singkirkan Uruguay

Korea Selatan menang dramatis atas Portugal di babak penyisihan grup pada Jumat (3/12/2022) malam.
Timnas Korea Selatan menang atas Portugal dan lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022/Twitter @WhoScored
Timnas Korea Selatan menang atas Portugal dan lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022/Twitter @WhoScored

Bisnis.com, JAKARTA - Korea Selatan berhasil mendapat tiket 16 besar Piala Dunia 2022, setelah mengalahkan Portugal dengan skor 2-1.

Meski miliki poin dan selisih gol yang sama dengan Uruguay, Taeguk Warriors naik ke nomor dua klasemen dan lolos ke fase gugur. 

Pada pertandingan terakhir di Grup H yang berlangsung di Stadium Education City, Jumat (2/12) pukul 22.00 WIB, Korsel sempat tertinggal lebih dahulu dari Portugal.

Cristiano Ronaldo cs unggul lebih dulu lewat gol cepat Horta pada menit ke-5. Tertinggal 0-1, Korea Selatan bermain kian keras. Hingga akhirnya Korea Selatan bisa menyamakan kedudukan lewat gol Kim Young-Gwon. Skor babak pertama berakhir imbang 1-1.

Kejutan lagi-lagi datang di masa injury time, saat Korea Selatan mambu mencetak gol keduanya. Berawal dari serangan yang dibangun Son Heung-min dari lini belakang, bola dioper kepada Hwang Hee-chan.

Tendangan keras Hwang dari jarak 18 yard masuk ke gawang Portugal. Gol, papan skor berubah 2-1.

Asisten Pelatih Korea Selatan Sergio Costa mengatakan bahwa hasil itu sangat krusial mengantarkan timnya lolos ke fase 16 besar.

"Kami pantas memenangkan pertandingan ini. Setiap pemain dan setiap anggota staf pelatih berhak menikmati kemenangan ini," katanya dikutip dari Yonhap News Agency pada Sabtu (3/12/2022).

Kemenangan melawan Portugal memang membuat Korea Selatan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai runner up Grup H. Padahal, Korea Selatan mempunyai poin dan selisih gol dengan Uruguay.

Korea Selatan mempunyai poin 4 hasil sekali kemenangan melawan Portugal dan imbang melawan Uruguay. Sementara Uruguay mempunyai poin 4 setelah mengalahkan Ghana dan imbang melawan Korea Selatan.

Selisih gol kedua tim pun sama. Namun, berdasarkan aturan resmi Piala Dunia 2022 dijelaskan bahwa apabila dalam kasus dua tim dalam satu grup memiliki poin yang sama, maka kriteria penentuan siapa yang berhak lolos ke babak 16 besar adalah sebagai berikut:

- Selisih gol yang unggul, artinya gol yang dicetak dikurangi jumlah kemasukan di semua pertandingan fase grup

- Jumlah gol terbanyak yang dicetak di semua pertandingan grup

- Rekor head to head

- Fair play

- Pengundian

Hasilnya, Korea Selatan lebih banyak mencetak gol di semua pertandingan fase grup dibandingkan Uruguay. Korea Selatan berhasil menjebloskan 4 gol masing-masing dicetak saat melawan Ghana dan melawan Portugal.

Saat melawan Ghana, meskipun kalah, Korea Selatan bisa mencetak dua gol. Kemudian di pertandingan melawan Portugal, dua golnya bisa mengantarkan Taeguk Warriors ke 16 besar.

Sementara, Uruguay hanya mencetak 2 gol di fase grup saat melawan Ghana.

Di babak 16 besar, Korea Selatan mesti menghadapi Brasil yang digelar di Stadium 974 - Ras Abu Aboud, Qatar pada Selasa (6/12).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper