Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 21 Tuan Rumah Piala Dunia dari Awal Hingga Sekarang

Simak penjelasan berikut ini mengenai daftar tuan rumah Piala Dunia dari awal hingga sekarang di Qatar.
Qatar tuan rumah Piala Dunia 2022/Bloomberg
Qatar tuan rumah Piala Dunia 2022/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Daftar tuan rumah Piala Dunia menjadi hal yang menarik untuk dibahas. Apalagi Piala Dunia 2022 akan digelar pada bulan November hingga Desember mendatang di Qatar. Piala Dunia 2022 akan diikuti oleh 32 negara.  

Piala Dunia selalu diadakan di berbagai negara yang berbeda. Pada awal Piala Dunia, negara penyelenggara Piala Dunia diberikan ketika pertemuan Kongres FIFA. Lokasinya menjadi kontroversial karena di Amerika Selatan dan Eropa yang merupakan dua pusat kekuatan sepak bola dunia. Perjalanan di antara kedua wilayah tersebut memakan waktu 3 minggu menggunakan kapal. 

Seiring dengan berjalannya waktu, dengan teknologi yang semakin berkembang pesat dan transportasi antar negara yang semakin mudah, penyelenggara Piala Dunia tidak hanya dilakukan di Amerika atau Eropa saja. 

Berikut ini beberapa tuan rumah Piala Dunia yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

  1. Piala Dunia 1930 (Uruguay)

    Piala Dunia 1930 digelar di ibu kota Uruguay, Montevideo, dengan 13 negara yang ikut berlaga. Turnamen pertama ini dimenangkan oleh Uruguay selaku tuan rumah. Di partai final, timnas Uruguay menang 4-2 atas timnas Argentina. 
  2. Piala Dunia 1934 (Italia)

    Timnas Italia juga mengikuti jejak Uruguay pada Piala Dunia 1930, karena berhasil menjadi juara saat berstatus menjadi tuan rumah. 
  3. Piala Dunia 1938 (Prancis)

    Piala Dunia kali ini digelar dari 4 Juni hingga 19 Juni 1938 di 11 stadion di 10 kota. Hindia Belanda (Indonesia) juga ikut dalam Piala Dunia ini. Namun, juaranya adalah timnas Italia. Dengan demikian, Italia menjadi negara pertama yang juara Piala Dunia bukan sebagai tuan rumah. 
  4. Piala Dunia 1950 (Brasil)

    Piala Dunia berikutnya digelar 12 tahun kemudian di Brasil pada tanggal 24 Juni hingga 19 Juli 1950. Turnamen kali ini digelar di 6 stadion di 6 kota. Kali ini, timnas Uruguay menjadi juara sekaligus mengikuti jejak Italia. 
  5. Piala Dunia 1954 (Swiss)

    Piala Dunia kali ini diikuti oleh 16 tim dari berbagai negara. Turnamen ini dimenangkan timnas Jerman Barat. 
  6. Piala Dunia 1958 (Swedia)

    Turnamen kali ini memunculkan sejarah dengan keluarnya timnas Brasil sebagai juara untuk pertama kalinya dengan menaklukan tuan rumah 5-2 di partai pertemuan. 
  7. Piala Dunia 1962 (Chile)

    Kali ini, timnas Brasil berhasil mengikuti jejak Italia sebagai negara yang juara Piala Dunia secara beruntun, setelah menaklukkan Republik Ceko 3-1 di final. 
  8. Piala Dunia 1966 (Inggris)

    Piala Dunia di Inggris ini digelar pada tanggal 11 Juni hingga 30 Juli 1966. Timnas Inggris keluar sebagai juara. Hal ini adalah kali pertama tuan rumah juara Piala Dunia lagi setelah Uruguay dan Italia. 
  9. Piala Dunia 1970 (Meksiko)

    Meksiko menjadi tuan rumah Piala Dunia 1970. Untuk pertama kalinya, Piala Dunia tidak di gelar di benua Eropa dan Amerika Selatan. Piala Dunia kali ini dimenangi oleh timnas Brasil. 
  10. Piala Dunia 1974 (Jerman Barat)

    Piala Dunia ini berlangsung dari tanggal 13 Juni hingga 7 Juli 1974. Ada yang berbeda dari Piala Dunia kali ini, yaitu digantinya trofi Jules Rimet yang dimiliki Brasil secara permanen. Trofi baru ini dibuat oleh seniman pematung asal Italia Silvio Gazzaniga. Trofi tersebut yang diperebutkan sejak 1974 hingga detik ini. Timnas Jerman Barat keluar sebagai juara. 
  11. Piala Dunia 1978 (Argentina)

    Piala Dunia ini digelar dari tanggal 1-25 Juni. Mengikuti jejak Uruguay, Italia, Inggris dan Jerman Barat, timnas Argentina keluar sebagai juara dengan menaklukan Belanda 3-1. 
  12. Piala Dunia 1986 (Meksiko)

    Untuk kedua kalinya, Piala Dunia kembali diadakan di Meksiko pada tanggal 31 Mei hingga 29 Juni 1986. Meksiko ditunjuk sebagai tuan rumah untuk menggantikan Kolombia yang mengundurkan diri setelah dihantam bencana alam. 
  13. Piala Dunia 1990 (Italia)

    Setelah 56 tahun, Italia kembali dinobatkan sebagai tuan rumah Piala Dunia. Kali ini, Piala Dunia diadakan pada 8 Juni hingga 8 Juli 1990 di 12 stadion yang tersebar di 12 kota. Piala Dunia kali ini dimenangkan oleh timnas Jerman Barat. 
  14. Piala Dunia 1994 (Amerika Serikat)

    Tercatat rekor penonton paling tinggi sepanjang sejarah, dengan rata-rata 69.000 penonton di setiap pertandingannya. Turnamen kali ini dimenangkan oleh timnas Brasil lewat adu penalti lawan Italia di final. timnas Brasil resmi menjadi negara pertama yang juara dunia empat kali. 
  15. Piala Dunia 1998 (Prancis)

    Piala Dunia 1998 digelar di Perancis pada 12 Juni hingga 12 Juli. Setelah 20 tahun, akhirnya negara tuan rumah keluar lagi sebagai juara Piala Dunia. Di partai final, timnas Prancis menaklukkan Brasil dengan skor 3-0. 
  16. Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang

    Piala Dunia 2002 memecahkan rekor sekaligus. Ini adalah turnamen pertama yang digelar di Benua Asia. Selain itu, Piala Dunia 2002 juga menjadi turnamen pertama yang digelar di dua negara. Turnamen ini berlangsung dari 31 Mei hingga 30 Juni 2002. Timnas Brasil berhasil menjadi juara dengan menaklukan Jerman 2-0 di final.
  17. Piala Dunia 2006 (Jerman)

    Kali ini, timnas Italia berhasil mendapatkan trofi milik Brasil dengan empat gelar juara dunia, setelah menaklukkan Prancis di babak adu penalti. 
  18. Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan

    Piala Dunia 2010 mencatat sejarah sebagai turnamen bergengsi pertama yang digelar di Benua Afrika, tepatnya Afrika Selatan. Turnamen ini juga menjadi catatan sejarah karena memunculkan timnas Spanyol sebagai juara pertama kalinya setelah mengalahkan Belanda 1-0 di final. 
  19. Piala Dunia 2014 (Brasil)

    Untuk pertama kalinya sejak 1950, Brasil kembali ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia. Sayangnya, Brasil lagi-lagi harus gagal menjadi juara di rumah sendiri. Sebab, Timnas Jerman justru keluar sebagai pemenang usai mengalahkan Argentina 1-0 di final. 
  20. Piala Dunia 2018 (Rusia)

    Sejarah kembali tercatat dengan digelarnya Piala Dunia untuk pertama kali di negara Eropa Timur, yaitu Rusia. timnas Prancis kembali keluar sebagai juara dengan menumbangkan Kroasia 4-2 di babak final. 
  21. Piala Dunia 2022 (Qatar)

    Piala Dunia ke 22 dipastikan akan jatuh pada tanggal 20 November hingga 18 Desember 2022 di Qatar. Piala Dunia kali ini menjadi yang pertama diadakan di tanah Arab dan Piala Dunia kedua yang diadakan di Asia setelah Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea Selatan. Piala Dunia 2022 ini menghadirkan 32 negara terpilih dari berbagai negara di dunia. 

Itulah beberapa daftar tuan rumah Piala Dunia hingga sekarang yang mungkin belum kamu tahu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper