Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Erick Thohir Diutus Bertemu FIFA, Menpora: Yang Penting Cepat Selesai

Menpora Zainudin Amali tak keberatan Pemerintah mengutus Menteri BUMN Erick Thohir bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino membahas Tragedi Kanjuruhan.
Menteri BUMN Erick Thohir melakukan pertemuan dengan Presiden FIFA Gianni Infantino pada Rabu (5/10/2022) di Qatar.
Menteri BUMN Erick Thohir melakukan pertemuan dengan Presiden FIFA Gianni Infantino pada Rabu (5/10/2022) di Qatar.

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengaku tak keberatan apabila Pemerintah mengutus Menteri BUMN Erick Thohir untuk bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino membahas Tragedi Kanjuruhan.

Zainudin Amali justru menjelaskan bahwa Erick mendapatkan mandat tersebut karena kebetulan sedang berada di Qatar untuk kunjungan luar negeri.

Amali menyatakan bahwa Erick juga mendapatkan mandat tersebut karena berkecimpung di dunia olahraga. Selain dikenal sebagai pemilik beberapa klub olahraga, Erick tercatat sebagai Anggota Komite Olimpiade Internasional.

"Pak Erick Thohir lagi di sana [Qatar], kemudian kan dia International Olympic Committee Members," ujar Zainudin Amali saat ditemui di Istana Kepresidenan, Jumat (7/10/2022).

Selain itu, Amali mengatakan Erick memilki kedekatan dengan Gianni karena pernah menjadi pemilik sekaligus presiden klub sepak bola asal Italia, Inter Milan.

Oleh sebab itu, dia meyakini bahwa keputusan pemerintah mengutus Erick dirasa tepat sehingga disebutnya Kemenpora lebih berkonsentrasi mengurus korban tragedi Kanjuruhan di Malang

"Bagi kami siapa saja lah, yang penting bisa. Saya kan konsentrasi penanganan korban di Malang," katanya.

Erick Thohir bertemu dengan Gianni Infantino di Qatar, pada Rabu (5/10/2022). Dalam pertemuan itu, Presiden FIFA disebut mendukung Pemerintah Indonesia untuk melakukan pengembangan sepak bola setelah tragedi Kanjuruhan.

Di dalam pertemuan itu, FIFA disebut melihat adanya potensi, popularitas, dan perkembangan sepak bola yang besar di Indonesia.

Dikaitkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang konstan, pasar yang besar, dan kondisi sosial politik yang stabil, FIFA menyatakan siap memberikan dukungan maksimal.

Dukungan itu diberikan FIFA, agar sepak bola yang merupakan olahraga paling populer dan dicintai di Indonesia dapat menjadi kebanggaan bangsa dan salah satu pilar yang berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

Sebelumnya, Presiden Jokowi disebut telah menelepon Presiden FIFA Gianni Infantino untuk membahas Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pasca laga BRI Liga 1 antara Arema FC vs Persebaya Surabaya pada Sabtu (1/10/2022).

Adapun, FIFA sejauh ini belum menjatuhkan sanksi kepada Indonesia terkait peristiwa yang memakan korban hingga 131 jiwa tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper